Agar Bersepeda Menjadi Olahraga Menyenangkan, Jangan Lupa 7 Kunci Penting Ini!

Agar Bersepeda Menjadi Olahraga Menyenangkan, Jangan Lupa 7 Kunci Penting Ini!

Bersepeda menjadi salah satu olahraga menyenangkan yang banyak dipilih oleh masyarakat. Olahraga ini tidak hanya dapat membantu untuk menurunkan tekanan darah dan kolesterol, namun juga dapat menjaga kesehatan jantung, membakar kalori, bagus untuk sendi dan otot, menyegarkan pikiran dan hati. Ada banyak pilihan sepeda dan salah satunya adalah sepeda gunung. Namun, agar Anda tetap nyaman dan aman saat bersepeda terutama saat di gunung, perhatikan 7 kunci berikut.

Agar Bersepeda Menjadi Olahraga Menyenangkan, Jangan Lupa 7 Kunci Penting Ini!

Pertama adalah mulailah dengan memilih sepeda yang pas untuk Anda. Sesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan Anda dalam mengendalikan sepeda misalnya pilih jenis sepeda hardtail yang cocok untuk pemula saat mulai mencoba jalur yang cukup sulit. Jika Anda hendak menggunakan sepeda hanya untuk berkeliling kota, Anda bisa memilih jenis city bike atau jenis sepeda yang lainnya. Kedua adalah gunakan semua perlengkapan keamanan seperti helm, kacamata, pelindung siku, lutut, sarung tangan dan sepatu terutama jika Anda hendak bersepeda di gunung. Gunakan juga baju bersepeda khusus atau jika tidak ada, hindari menggunakan celana atau baju yang terlalu besar agar tidak menyangkut di gear ataupun di pohon.

Baca juga: Inilah Tips Olahraga Menyenangkan yang Bisa Anda Coba

Ketiga adalah jangan lupa untuk menyiapkan peralatan pribadi seperti obat pribadi, baju ganti, air minum, pompa kecil, jas hujan. Keempat adalah lewati jalur yang sudah ditentukan atau sesuai dengan petunjuk sehingga saat Anda bersepeda, Anda tidak kesasar. Kelima adalah mulai dengan lambat dan di jalur yang mudah. Tujuan dari olahraga menyenangkan ini adalah untuk membiasakan diri terlebih dahulu sesuai dengan kemampuan Anda dan untuk melatih keseimbangan dan pergantian gigi yang baik.

Keenam adalah melihat ke depan dan bukan ke bawah. Mata Anda harus selalu siap sedia untuk memindai rintangan seperti kelokan jalur, ranting, pohon pendek. Jika Anda telah melihat dan mengetahui track tersebut, maka Anda dapat mempersiapkan diri misalnya menentukan kapan waktu pengereman yang tepat dan menjaga keseimbangan Anda. Trik pengereman tersebut yaitu:

  • Saat menurun, pindahkan berat tubuh ke belakang dengan penggunaan rem depan lebih kencang. Hindari membungkuk berlebih dan mengerem dengan rem belakang terlalu kencang karena dapat mengakibatkan selip.
  • Turunan curam, jalur sempit dan putaran sempit diatasi dengan memanfaatkan kecepatan. Dengan cara menyelipkan 1 jari di tuas rem depan dan 2 jari di rem belakang agar sepeda melambat namun sepeda tetap berjalan.

Ketujuh adalah tetap tenang. Ketenangan merupakan kunci yang penting untuk melakukan olahraga apapun sehingga bisa menjadi olahraga menyenangkan. Dengan diri yang tenang, maka jika ada kesalahan ataupun kerusakan pada sepeda, Anda bisa berfikir jernih sehingga mampu untuk mengatasi masalah tersebut tanpa harus melibatkan orang lain jika diperlukan. Jika Anda tetap tenang, Anda juga akan lebih mudah dan nyaman untuk bermanuver.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *