Ketentuan Lapangan Futsal

Ketentuan Lapangan Futsal

Salah satu yang membedakan antara sepak bola dan futsal adalah pada lapangan futsal yang lebih kecil dibanding dengan lapangan sepak bola. Memang sih secara keseluruhan antara permainan futsal dan sepak bola hampir sama. Mungkin jika dalam aturan permainannya sepak bola dimainkan oleh 11 orang dalam satu tim sedangkan futsal cukup 5 orang saja. Selain itu dalam permainannya di dalam futsal tidak ada offside seperti di sepak bola.

Ketentuan Lapangan Futsal

Olahraga futsal ini juga mulai banyak digemari saat ini, dimana olah raga ini cukup digemari dan banyak dimainkan oleh kaum pria. Memang lapangan futsal ini banyak dijumpai di dalam gedung atau di GOR. Adapun biasanya disekitar lapangan dikelilingi oleh jaring sehingga bola tidak bisa melesat jauh dari lapangan. Sedangkan alasnya banyak yang menggunakan rumput sintetis atau juga matras. Selain memiliki tampilan yang menarik kedua bahan tersebut juga sangat enak untuk digunakan mengalirkan bola.

Baca juga: Ukuran Lapangan Futsal Standar Internasional

Bicara soal keseruan, permainan futsal ini juga tak kalah seru dengan sepak bola, meskipun lapangannya tak seluas lapangan sepak bola, tapi bermain futsal capeknya juga minta ampun deh. Nah ngomong-ngomong soal lapangan futsal, berikut adalah ukuran lapangan beserta aturan futsal standar internasional:

  • Panjang lapangan yaitu 25 – 43 meter dan lebarnya 15 – 25 meter.
  • Terdapat garis melintang di tengah lapangan. Dan ada garis di titik ujung dan juga sisi gawang yang lebarnya sekitar 8 cm.
  • Luas lingkaran pada bagian tengah yaitu 3 meter.
  • Adapun untuk wilayah pinalti dengan jangkauan busur yang luasnya mencapai 6 meter atas tiang gawang pada setiap kelompok. Selanjutnya titik pinalti yang pertama yaitu pada posisi tengah pada tempat di garis gawang dalam jangkauan 6 meter dan juga titik yang kedua yaitu dari pertengahan garis gawang berjarak 10 meter.
  • Adapun tinggi gawang yaitu 2 meter dan lebarnya 3 meter.
  • Dalam setiap permainan, setiap kelompok maksimal dimainkan oleh 5 orang dengan jumlah cadangan maksimal 7 orang tanpa ada batas pergantian pemain lama ataupun yang baru.
  • Dalam pertandingan resmi, ada dua wasit yang berada di luar lapangan dan hanya diperbolehkan masuk ketika ada permasalahan.
  • Waktu pertandingan yaitu 2 x 20 menit plus tambahan waktu dari wasit dengan waktu istirahat 10 menit.

Nah itu dia sob setidaknya beberapa ukuran lapangan futsal beserta aturan permainan futsal. Meskipun tak seluas lapangan sepak bola, para bermain futsal tak kalah aktif dengan bermain sepakbola. Dimana rasanya pun tak jauh berbeda, kita juga akan kecapekan apabila bermain full time. Dalam hal ini tentunya kekompakan antar pemain futsal sangatlah dibutuhkan sehingga bisa membentuk tim solid yang tak terkalahkan. Dengan demikian futsal sendiri menjadi olahraga yang cukup digemari meskipun masih tergolong olahraga yang baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *