Fakta Menarik Timnas Asian Games Sepak Bola Indonesia

Timnas Asian Games yang ikut sebagai peserta dalam gelaran ajang yang diikuti oleh 40 negara ini tentu datang dengan semangat juang yang tinggi, mereka berharap mampu membawa pulang medali yang bisa mengharumkan nama bangsa. Tak terkecuali pula bagi timnas indonesia yang menjadi kontingen perlombaan.

Fakta Menarik Timnas Asian Games Sepak Bola Indonesia

Atlet yang tergabung dalam timnas asian games indonesia tentu berharap bisa mendapatkan juara umum karena memang pada tahun ini negara kita berkesempatan untuk menjadi peyelenggara untuk kedua kalinya. Harapan serta dukungan besar juga diberikan dari masyarakat agar indonesia bisa mampu melaju sampai mendapatkan gelar tertinggi.

Baca juga: Berita Timnas Juara AFF U16 Jadi Kado HUT Indonesia

Selain memberikan dukungan sebagai masyarakat kalian juga perlu untuk mengetahui fakta-fakta menarik mengenai timnas asian games berikut ini:

  1. Indonesia langsung ikut serta dalam cabang olahraga sepakbola yang pertama kali dilaksanakan pada asian games 1951 di new delhi india. Meskipun harus gugur pada babak pertama setelah kalah dari tuan rumah dan menunjukkan pantang menyerah terbukti timnas sepakbola kita tetap ikut berpartisipasi sampai pada tahun 2018 ini yang merupakan keikutsertaan untuk yang kesepuluh kali.
  2. Capaian terbaik yang bisa diraih timnas asian games indonesia dalam cabang sepak bola adalah berhasil memperoleh medali perunggu pada tahun 1958 di tokyo jepang. Sedangkan capaian terburuk adalah tidak lolosnya dalam fase grup pada saat tahun 1962 dan 2006
  3. Indonesia pernah menjadi tuan rumah untuk pertama kalianya di ajang asian games yaitu tahun 1962 di jakarta. Sayangnya pada tahun tersebut timnas tidak mampu lolos dari fase grup, Tim asuhan dari toni pocagnik hanya mampu meraih posisi ketiga. Semua kegiatan cabang sepakbola dahulu dilaksanakan di stadion utama gelora bung karno jakarta sedangkan untuk tahun ini dialihkan di bekasi, sikarang, cibinong dan bandung.
  4. Untuk keikutsertaan di asian games tahun ini timnas indonesia menempatkan luis milla sebagai pelatih asing ke empat setelah sebelumnya dilatih oleh choo seng quee, tony pogacnik, dan foppe de han.
  5. Tim sepak bola asal indonesia telah tampil sebanyak 36 kali dengan memiliki 14 rekor kemenangan, 15 kali kalah dan mendapatkan 7 kali hasil imbang. Tim garuda pun berhasil melesakkan 67 goal dan sayangnya jua telah mengalami kebobolan sebanyak 70 kali.
  6. Ferdinand sinaga berhasil menorehkan prestasi dengan emnajdi topskor pada ajang asian games tahun 2014 yang dilaksanakan di korea selatan.
  7. Tahun ini adalah tahun pertama keikutsertaan timnas sepak bola putri indonesia di asian games 2018.

Demikian tadi beberapa fakta menarik tentang timnas asian games indonesia pada cabang olahraga sepak bola, semoga pada tahun ini timnas indonesia bisa mampu meraih kemenangan seperti adik-adiknya di timnas u16 yang berhasil menjadi juara piala AFF.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *