4 Manfaat dari Pemanasan Sebelum Berolahraga

4 Manfaat dari Pemanasan Sebelum Berolahraga

Sebelum berolahraga tentunya perlu melakukan pemanasan terlebih dahulu jadi jangan langsung menggeber badan dengan olahraga inti. Proses peregangan ini bertujuan untuk mempersiapkan tubuh supaya bisa menikmati gerakan olahraga dengan optimal. Manfaat yang diberikan pun sangat banyak dan bahkan sangat Anda butuhkan supaya ke depannya bisa rajin berolahraga dengan nyaman. Waktu yang dibutuhkan untuk melakukan peregangan ini tidak lama, bahkan 5-10 menit dirasa sudah cukup asalkan semua anggota gerak tubuh sudah direnggangkan dulu.

4 Manfaat dari Pemanasan Sebelum Berolahraga

Manfaat Peregangan di dalam Olahraga

Gerakan peregangan ini simpel saja seperti menggerakkan kepala ke kiri dan ke kanan ataupun ke depan dan ke belakang. Dianjurkan juga dilakukan pada tangan, pinggang, serta kaki yang nantinya memberi manfaat berikut:

Membuat tubuh lebih elastis,

Dengan melakukan peregangan maka otot tubuh seperti melakukan gerakan awal yang ringan sehingga lebih elastis. Nantinya tubuh terasa lebih elastis dan fleksibel untuk bergerak sesuai dengan gerakan olahraga yang dilakukan. Jika merasa tubuh kaku untuk mengikuti gerakan instruktur tentunya proses peregangan yang dilakukan kurang atau malah terlewat. Tentunya tidak akan nyaman jika berolahraga dalam kondisi tubuh kaku.

Mencegah cedera otot,

Kebanyakan penikmat olahraga hanya mengerti manfaat dari pemanasan atau peregangan ini adalah untuk mencegah cedera. Memang tidak keliru hanya saja manfaat yang diberikan ternyata lebih kompleks. Ketika berolahraga meski yang ringan yakni jogging Anda tetap perlu melakukan pemanasan. Mengapa? Tujuannya adalah untuk mempersiapkan otot dan persendian agar siap diajak berolahraga dengan gerakan yang ekstrim dibanding gerakan tubuh dalam kondisi normal. Sehingga tidak akan mudah cedera dan Anda bisa tetap beraktivitas seperti biasa selepas berolahraga.

Melancarkan peredaran darah,

Melakukan peregangan membantu tubuh mendapatkan sistem peredaran darah yang lebih lancar sebelum berolahraga. Kegiatan olahraga membuat tubuh banyak bergerak dan mengeluarkan banyak keringat. Maka butuh suplay oksigen yang baik dan lancar supaya tidak pingsan di tengah olahraga yang dilakukan serta metabolisme tubuh terjaga dengan baik. Peregangan membantu melancarkan peredaran darah sehingga saat melakukan gerakan olahraga akan merasa lebih nyaman dan juga aman. Maka jangan sampai terlupa untuk melakukan peregangan ini.

Baca juga Gerakan Dasar Pemanasan Sebelum Olahraga

Mempersiapkan mental dan fisik,

Dengan gerakan simpel dari peregangan maka Anda sudah mempersiapkan tubuh secara fisik dan juga mental untuk berolahraga. Hal ini tentu bermanfaat untuk membuat tubuh lebih rileks dalam menikmati gerakan dari jenis olahraga yang dinikmati. Anda pun bisa meningkatkan konsentrasi supaya bisa mengikuti gerakan instruktur dengan baik, agar manfaatnya bisa didapatkan. Mental dan fisik yang sudah siap untuk berolahraga membantu Anda menikmati olahraga tersebut dengan maksimal. Sehingga selalu menantikan moment untuk bisa berolahraga, jadi pemanasan sangat penting untuk dilakukan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *