Manfaat Penting Melakukan Pemanasan Sebelum Berolahraga

Manfaat Penting Melakukan Pemanasan Sebelum Berolahraga

Olahraga pada dasarnya adalah sebuah kegiatan yang ditujukan untuk membakar kalori di dalam tubuh juga timbunan lemak, sehingga membuat tubuh terasa lebih ringan dan sehat setelah melakukannya. Bidangnya sendiri ada begitu banyak, mulai dari olahraga yang dilakukan sendiri sampai dengan berkelompok. Namun apapun jenisnya semua harus diawali dari proses pemanasan. Apa itu? Yaitu bentuk latihan dasar yang dilakukan sebelum memulai aktivitas olahraga, apapun jenisnya.

Manfaat Penting Melakukan Pemanasan Sebelum Berolahraga

Banyak masyarakat yang menyepelekan warming up ini sebelum olahraga, sehingga ketika kegiatan olahraga sesungguhnya dimulai, maka menyebabkan beberapa macam resiko seperti diantaranya adalah cidera, karena pada dasarnya tubuh memang belum siap untuk memulainya. Meskipun terlihat sepele, namun kenyataannya pemanasan ini memberikan banyak sekali manfaat pada tubuh Anda, diantaranya adalah:

  1. Guna persiapan otot, dalam kondisi normal otot-otot tubuh memang dalam kondisi yang kaku, sehingga ketika langsung dipakai untuk olahraga yang berat seperti angkat beban, kemudian sepak bola atau bahkan renang akan menyebabkannya mudah sekali mengalami resiko cidera. Namun tidak jika sebelumnya sudah dilakukan warming up, paling tidak kondisi otot sudah mulai lentur dan siap dipakai berolahraga.
  2. Meningkatkan detak jantung, bisa dikatakan olahraga memang termasuk kegiatan yang sehat untuk dilakukan karena bisa membuat tubuh jadi lebih bugar dan juga menyehatkan jantung, namun jika dilakukan secara mendadak, resiko terkena serangan jantung juga begitu tinggi, pastinya bukan sebuah rahasia lagi bukan bagi Anda beberapa orang yang meninggal mendadak saat olahraga, tak lain karena secara mendadak jantung dipaksa untuk bekerja ekstra dan denyutnya meningkat secara tidak teratur. Karena pada dasarnya aktivitas semacam ini memang dapat meningkatkan denyut jantung, maka dilakukan secara perlahan dari latihan dasar atau warming up.
  3. Dapat meningkatkan performa dan juga durasi latihan, ketika tubuh sudah dalam kondisi yang menghangat dan juga siap untuk olahraga, dampak positifnya adalah tubuh siap untuk mendapatkan durasi latihan yang lebih dan performa yang lebih baik.
  4. Membantu untuk meningkatkan sirkulasi darah di dalam tubuh, kegiatan warming up ini juga membantu tubuh di dalam mengalirkan darah dari dan ke jantung menjadi lebih baik. Utamanya pada tubuh yang jarang digunakan untuk berolahraga, biasanya dalam beberapa bagian syaraf tepi mengalami penyempitan sehingga terkadang mudah mengalami keram. Paling tidak hal-hal semacam ini bisa dikurangi resikonya saat tengah berolahraga.

Baca juga Gerakan Dasar Pemanasan Sebelum Olahraga

Banyak bukan manfaatnya, pemanasan tak perlu terlalu lama, cukup dengan 15 menit saja, tak kalah penting dari warming up ini ada kegiatan lain yang juga harus dilakukan setelah olahraga selesai yaitu cooling down atau yang dikenal sebagai pendinginan untuk menyempurnakan latihan Anda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *