Cara Merawat Baju Futsal Agar Tetap Keren

Cara Merawat Baju Futsal Agar Tetap Keren

Mungkin bagi Anda penggemar sepak bola tidak asing lagi dengan yang namanya jersey, baju yang dikenakan dalam olahraga sepak bola atau futsal ini memang sudah sangat terkenal baik oleh pemain atau penggemarnya. Bahkan saat ini banyak yang rela untuk mengeluarkan dana besar hanya untuk mengoleksi jersey mahal. Oleh karena itu, tak jarang mereka memperlakukan jersey tidak sembarangan. Perlu perawatan yang tidak biasa agar baju futsal tetap awet dan tahan lama. Bagaimana cara merawat jersey yang baik agar tetap awet? Berikut penjelasannya.

Cara Merawat Baju Futsal Agar Tetap Keren

Rendam Baju Futsal dengan Menggunakan Detergen

Pisahkan cucian baju futsal dengan baju lainnya agar tidak terkena lunturan warna lain. cara mencuci jersey hanya seperti biasanya saja, siapkan ember berisi air kemudian taburkan detergen kedalamnya. Kemudian rendam jersey selama kurang dua hingga tiga menit. Agar kotoran dan keringat benar-benar hilang, gantilah air rendaman tadi dan ganti air cucian yang baru. Kemudian rendam lagi jersey tersebut dan ulangi cara itu sampai dua atau tiga kali.

Jangan merendam jersey terlalu lama, waktu yang disarankan tidak boleh lebih dari 5 menit. Hindari untuk memeras baju futsal terlalu keras karena akan menyebabkan terkelupasnya sablon, hal itu berlaku pada semua jenis jersey. Sebaiknya cucilah jersey secara manual dan tidak menggunakan mesin cuci serta pengeringnya (spin). Hal itu dapat merusak serat kain dan sablonnya sendiri.

Setelah diangkat dan direndam secara berulang, bilaslah baju futsal dengan menggunakan air bersih. Caranya cukup mudah Anda hanya tinggal memasukkan jersey ke dalam air bersih kemudian angkat dan celupkan berulang-ulang hingga buih detergen pada baju menghilang. Kemudian jemur jersey tersebut menggunakan hanger dan yang perlu dicatat adalah jemurlah di tempat yang tidak terkena sinar matahari secara langsung. Jangan menjemur jersey dengan tali tetapi usahakan memakai gantungan atau hanger.

Setrikalah dengan Panas yang Rendah

Dalam menyetrika baju futsal gunakanlah suhu yang tidak terlalu panas. Mungkin Anda sering bingung bagaimana menyetrika font dan gambar karena takut rusak, lecet, atau mengelupas. Caranya adalah dengan melapisi jersey tersebut dengan menggunakan kain agar tidak terkena sablon secara langsung. Kemudian untuk bagian patch yang sudah agak rusak sebaiknya setrikalah bagian dalam patchnya saja dan dengan suhu yang sedang.

Cek disini Harga Sepatu Futsal Berbagai Merek Rekomendasi Kami

Simpan Jersey Menggunakan Hanger

Setelah dicuci dan disetrika, baju futsal juga harus disimpan ditempat yang tepat. Ketika dipakai ataupun disimpan usahakan untuk menghindari gesekan-gesekan yang keras atau kasar karena hal itu akan menyebabkan serat kain menjadi timbul sehingga serat kain seperti bulu. Bulu tersebut timbul saat dipakai karena terjatuh saat bermain. Simpan jersey dengan cara digantung di lemari agar terhindar dari gesekan tadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *