Inilah Beberapa Teknik Sepak Takraw untuk Pemain Takraw

Inilah Beberapa Teknik Sepak Takraw untuk Pemain Takraw

Sepak takraw merupakan salah satu cabang olahraga dengan menggunakan bola kecil bulat yang di anyam. Biasanya permainan ini seperti menggunakan lapangan bulutangkis, memiliki net pembatas antara tim satu dengan tim lainnya. Permainan ini tidak hanya dimainkan oleh laki-laki saja tetapi juga perempuan bahkan sudah tidak mengenal usia. Permainan hanya dapat ditendang menggunakan kaki dan disundul dengan kepala tanpa harus menyentuhnya dengan tangan. Sepak takraw memiliki banyak manfaat untuk tubuh terutama permainannya hingga 90 menit membuat tubuh terus membakar kalori dan meningkatkan metabolisme tubuh dan hal ini sangat dirasakan oleh pemain takraw.

Inilah Beberapa Teknik Sepak Takraw untuk Pemain Takraw

Berikut adalah teknik bermain yang tepat untuk sepak takraw diantaranya:

  • Sepak sila merupakan gerakan untuk menyepak bola dengan menggunakan kaki bagian dalam untuk menerima dan menimang bola, mengumpan juga menyelamatkan daerah tim dari serangan lawan.
  • Sepak kuda atau sepak kura merupakan menyepak bola dengan bagian punggung kaki untuk menangkap bola dari daerah lawan dan memainkan bola dan mengambil bola yang rendah.
  • Sepak cungkil merupakan gerakan menyepak bola menggunakan jari kaki untuk mengambil bola yang jauh, pendek, dan bola dari pantulan dari bloking.
  • Menapak merupakan gerakan menyepak bola dengan menggunakan telapak, digunakan untuk smash kearah lawan, menahan atau membloking smash dari tim lawan dan menyelamatkan bola untuk tidak masuk ke daerah tim.

Beberapa teknik diatas dapat dilakukan untuk menyelamatkan tim sendiri dan menyelamatkan bola dari lawan. Sebagai pemain takraw belajar beberapa teknik diatas akan membuat skor pertandingan berpihak ke tim. Usahakan juga untuk memahami peraturan permainan, terutama dari jumlah tim dan juga cara bermain yang sesuai.

Berikut adalah teknik bermain sepak takraw lainnya:

Sepak simpuh untuk menyepak bola dengan kaki bagian luar dan samping luar untuk menyelamatkan daerah dari serangan bola lawan.

  • Sundulan dengan menggunakan kepala saat menerima bola dan mengarahkannya kearah lawan.
  • Mendada merupakan cara bermain dengan ada untuk mengontrol bola untuk dapat dimainkan selanjutnya.
  • Memaha merupakan cara bermain bola dengan menggunakan paha untuk mengontrol bolanya untuk menahan, menerima dan menyelamatkan bola dari pihak lawan.
  • Membahu merupakan cara bermain dengan bahu untuk mempertahankan daerah dari serangan lawan yang mendadak untuk pertahanan yang mendesak.
  • Sepak mula merupakan sepakan awal untuk memulai sebuah permainan takraw untuk mengatur serangan dari lawan dan mengarahkannya supaya tidak dapat ditangkap.

Baca juga Peraturan Penting dalam Olahraga Sepak Bola Takraw yang Penting untuk Diketahui

Beberapa teknik diatas akan melengkapi perjalanan cara bermain takraw yang benar. Pemain takraw akan membuat skor tinggi dengan memanfaatkan setiap teknik diatas. Setidaknya semua pemain berada dalam posisi sesuai dengan tekniknya untuk mampu mengontrol, menerima dan menyerang kembali daerah lawan. Sebab itu teknik diatas termasuk dalam teknik dasar dan teknik khusus sepak takraw.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *