Beberapa Jenis Pelanggaran dan Juga Hukuman Paling Umum dalam Pertandingan Futsal  

Beberapa Jenis Pelanggaran dan Juga Hukuman Paling Umum dalam Pertandingan Futsal

Futsal adalah permainan yang dilakukan secara berkelompok, umumnya dalam satu kelompok terdiri dari 5 atau 6 orang. Ketika para pemain berada dalam lokasi pertandingan, pasti akan ada beberapa yang terkadang melakukan pelanggaran ataupun kesalahan dalam bermain. Entah itu dilakukan secara sengaja atau tidak disengaja pasti akan diberi sanksi yang cukup tegas dari para wasit. Dan hukuman yang diberikan sangat bermacam-macam tergantung dari kesalahan apa yang dilakukan. Makanya sebagai salah satu pemain sepak bola ataupun futsal, Anda tidak hanya dituntut dapat bermain dengan teknik yang tepat tetapi juga mengetahui aturan-aturan didalamnya.

 Beberapa Jenis Pelanggaran dan Juga Hukuman Paling Umum dalam Pertandingan Futsal

Hukuman dalam pertandingan futsal sendiri sangat beragam dari mulai hukuman ringan sampai dengan skor atau tergolong berat. Seorang wasit harus bertindak adil dan melihat kesalahan seperti apa yang dilakukan oleh pemain. Berikut ini ada beberapa jenis pelanggarannya serta hukuman yang paling umum diberikan, antara lain:

Tendangan bebas langsung.

pertama adanya tendangan bebas yang diperuntukan untuk lawan akibat kesalahan dari pemain lainnya. Banyak hal yang dapat mengakibatkan tendangan ini terjadi seperti pemain yang mencoba menendang lawan, mengganjal secara sengaja, menerjang, memukul, menyerang, mendorong ataupun lainnya. Umumnya tendangan bebas akan bisa langsung dilakukan pada lokasi terjadinya kesalahan tersebut.

Tendangan pinalti.

Seperti namanya, jenis tendangan ini bisa dilakukan lawan ketika seorang pemain melakukan kesalahan pada area pinalti. Cara melakukan tendangan tersebut sama saja seperti yang ada pada peraturan bola umumnya.

Baca Juga : Ini Dia Perbedaannya Peraturan Futsal dan Sepak Bola yang Harus Anda Ketahui

Tendangan bebas tak langsung.

Selain dari tendangan bebas langsung ada juga tendangan bebas tidak langsung yang diperuntukan oleh seorang pemain. Tendangan ini bisa dilakukan ketika ada pemain yang melakukan pelanggaran secara sengaja ataupun tidak. Hukuman ini berlaku pada pemain inti ataupun pemain kiper yang ada pada bagian belakang.

Kesalahan penjaga gawang.

Selain dari pemain penyerang, kiper juga mempunyai peraturan sendiri yang tidak boleh dilanggar. Beberapa kesalahan yang diperbuat adalah seperti melakukan penguasaan bola dengan tangan atau kaki lebih dari 4 detik, menyentuh bola dengan menggunakan tangan secara langsung, ataupun lainnya.

Kesalahan pemain.

Banyak sekali kesalahan yang dapat menimbulkan masalah seperti menghalangi gerakan lawan mencegah keeper ataupun lainnya yang merugikan pemain lainnya pada saat melakukan pertandingan.

 

Sebagai seorang wasit pertandingan harus dapat mengambil keputusan secara tegas dan adil kepada. setiap pemain. Selain beberapa hukuman diatas ada juga seperti pemberian kartu kuning, kartu merah atau langsung diberhentikan dari pertandingan. Seperti yang diketahui bahwa dalam permainan itu pasti ada saja pelanggaran yang dilakukan, makanya dibuatlah aturan untuk memberikan batasan dan keamanan yang jelas kepada setiap pemain yang berada didalam lapangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *