Perbedaan Bola Futsal dan Bola Sepak Bola Lapangan

Perbedaan Bola Futsal dan Bola Sepak Bola Lapangan

Permainan olahraga menjadi cara berolahraga yang paling menyenangkan sekaligus menantang. Di Indonesia sendiri banyak permainan olahraga yang disukai banyak orang bahkan memiliki penggemar fanatik dimana salah satu contohnya adalah sepak bola. Sepak bola menjadi olahraga permainan terbesar baik di kota maupun di desa. Namun untuk masyarakat perkotaan, kurangnya lapangan sepak bola menjadikan mereka kesulitan untuk bermain sepak bola. Namun kini dengan adanya olahraga baru yaitu futsal yang mirip sepak bola, semuanya bisa bermain bola futsal di lapangan futsal yang indoor dengan luas lebih kecil.

Perbedaan Bola Futsal dan Bola Sepak Bola Lapangan

Futsal sekarang ini menjadi olahraga baru yang semakin banyak penggemarnya. Mereka yang menyukai sepak bola hampir semuanya menyukai futsal sehingga rela antri untuk bermain di lapangan futsal yang didirikan oleh berbagai pihak. Meski mirip, namun ternyata ada perbedaan diantara kedua jenis permainan dan bola yang digunakan. Apa saja perbedaan tersebut, berikut ini ulasannya untuk Anda:

Jumlah pemain.

Untuk sepak bola, jumlah pemainnya adalah 11 orang, sedangkan untuk permainan futsal hanya memerlukan 5 orang pemain saja untuk tiap regu.

Lapangan.

Futsal menggunakan lapangan indoor dengan rumput sintetik. Luas lapangannya 25-42m x 15-25m.

Bola futsal.

Ukuran bola yang digunakan untuk futsal juga lebih kecil yaitu berkeliling 62-5cm lebih kecil dibandingkan dengan bola sepak dengan keliling 68-71cm.

Lama permainan.

Durasi permainan futsal lebih singkat dibandingkan sepak bola yaitu hanya 2×20 menit. Hal ini dikarenakan lapangan yang digunakan merupakan lapangan komersil atau sewa sehingga memiliki batasan untuk tiap permainan.

Wasit.

Seperti ada permainan sepak bola, futsal juga seharusnya memiliki wasit, namun karena luas lapangan yang terbatas, wasit pada permainan futsal hanya 2 orang dan selalu berada di luar garis lapangan.

Gawang.

Ukuran gawang juga dibuat lebih kecil dibandingkan dengan gawang sepak bola. Ukuran gawang futsal yaitu 2x3m.

Waktu istirahat.

Waktu istirahat untuk permainan futsal adalah 10 menit dimana waktu tersebut lebih pendek dibandingkan pada sepak bola yang memiliki waktu istirahat 15 menit. Tentu saja waktu istirahat tidak mengurangi durasi permainan futsal.

Aturan.

Yang membedakan kedua permainan ini adalah aturan permainannya dimana permainan futsal lebih pada permainan yang menghibur sehingga minim peraturan. Tak ada aturan offside untuk futsal sehingga banyak sekali gol yang bisa tercipta.

Baca juga Memakai Bola Futsal yang Baik Akan Membuat Permainan Semakin Berkualitas

Perbedaan permainan sepak bola dan bola futsal tersebut di atas, bisa Anda manfaatkan untuk memilih permainan olahraga yang sama-sama berguna namun sesuai dengan kemampuan diri. Untuk masyarakat perkotaan sekarang ini lebih menyukai futsal karena tak perlu terlalu banyak orang yang memainkannya sehingga lebih mudah dilakukan. Selain itu banyak stadium futsal yang bisa disewa dibandingkan lapangan sepak bola.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *