Hal-hal Negatif yang Banyak Dilakukan Supporter Saat Menonton Sepak Bola dan Cara Menghindarinya

Hal-hal Negatif yang Banyak Dilakukan Supporter Saat Menonton Sepak Bola dan Cara Menghindarinya

Sepak bola merupakan permainan olahraga yang memiliki banyak penggemar di Indonesia. Bukan hanya untuk kelas club besar namun juga untuk permainan sederhana dan menghibur antar tetangga kampung. Di setiap pertandingan bola, pasti akan banyak penonton yang datang baik di stadion besar ataupun di lapangan kelurahan. Akan tetapi sangat disayangkan, permainan bola yang digemari banyak orang sangat identik dengan hal-hal negatif yang dilakukan oleh para supporternya. Hal negatif tersebut seringkali mencoreng permainan bola dan tim yang bertanding yang tak jarang mendapatkan sanksi.

Hal-hal Negatif yang Banyak Dilakukan Supporter Saat Menonton Sepak Bola dan Cara Menghindarinya

Bagi Anda yang juga merupakan peminat bola dan menjadi supporter kesebelasan tertentu, sebaiknya menghindari untuk melakukan hal-hal buruk yang bisa dinilai mencoreng nama baik tim dan diri sendiri. Adapun contoh hal buruk yang kerap dilakukan antara lain:

Tawuran.

Hal ini merupakan contoh yang paling berbahaya dan anarkis namun sayangnya kerap dilakukan oleh para supporter bola. Tawuran bukan hanya terjadi saat tim kesayangan sudah kalah saja namun kerap juga terjadi saat pertandingan masih berlangsung. Hal ini bisa merusak jalannya pertandingan dan membuyarkan konsentrasi pemain. Selain itu tentu saja berbahaya untuk keselamatan karena banyak korban luka akibat aksi anarkis ini. Selain korban luka pada manusia, kerusakan gedung juga bisa terjadi jika dilakukan oleh banyak orang.

Agar Anda tidak melakukannya, sebaiknya menerapkan sifat sportif sejak dini sehingga bisa menerima hasil pertandingan baik menang ataupun kalah.

Merusak gedung.

Meski tidak terjadi tawuran namun stadion sepak bola sangat rentan terhadap kerusakan dibandingkan stadion olahraga lainnya. Hal ini dikarenakan para supporter kerap melakukan pengrusakan baik disengaja maupun tidak. Contoh pengrusakan yang kerap dilakukan adalah:

  • Mencorat-coret dinding da sarana stadion.
  • Mencongkel pintu masuk atau keluar karena tak sabar mengantri.
  • Naik di atas kursi yang membuat kursi rusak.
  • Melempar batu atau benda lainnya ke arah lapangan atau lampu.
  • Menjebol pagar kawat.
  • Merusak fasilitas umum seperti kamar mandi atau ruang ganti.

Sebaiknya tak membawa alat tulis seperti spidol atau pilox agar tak memiliki keinginan untuk mencoret-coret tembok.

Mencuri.

Meski hal ini bukan selalu dilakukan oleh supporter bola, namun kejadian kecurian sering terjadi di area pertandingan ini. Untuk menghindarinya, jangan menggunakan perhiasan berlebih dan jaga barang bawaan termasuk dompet Anda. Jika perlu tak usah membawa uang terlalu banyak cukup seperlunya dan tiket masuk area saja.

Baca juga Mengulas Tentang Ukuran Lapangan Bola dalam Permainan Sepak Bola

Penonton atau supporters sepak bola merupakan pemain kedua belas yang bisa menumbuhkan semangat para pemain sebenarnya. Karenanya ketenangan supporter saat melihat pertandingan sangat dibutuhkan agar pemain bisa berkonsentrasi pada permainan. Aksi-aksi negatif para supporter selain merugikan gedung juga bisa membuat tim kesayangan mendapatkan hukuman seperti yang pernah terjadi di Indonesia.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *