Berikut 4 Tips Cermat dalam Memilih Bola Futsal yang Benar dan Tepat

Berikut 4 Tips Cermat dalam Memilih Bola Futsal yang Benar dan Tepat

Sebelum menikmati olahraga futsal biasanya Anda perlu mencari lapangan dan tentu saja bola futsal yang tepat. Bola dalam olahraga futsal sekilas memang dengan bola untuk bermain voli, namun kalau diperhatikan lebih dekat dan lebih seksama akan dijumpai beberapa perbedaan yang mencolok. Supaya tidak salah beli usahakan bertanya pada penjaga toko perlengkapan olahraga sebab bagi orang awam membedakan mana bola untuk futsal dan mana untuk voli bisa sangat membingungkan. Jadi, jalan pintasnya adalah bertanya pada penjualnya.

Berikut 4 Tips Cermat dalam Memilih Bola Futsal yang Benar dan Tepat

Tips Cermat Memilih Bola untuk Futsal

Akan tetapi jangan asal pasrah saja dengan pilihan yang disodorkan oleh penjual tersebut karena bisa jadi Anda malah mendapatkan yang mutunya jelek. Agar kualitas bola olahraga futsal ini bisa memuaskan maka pilih dengan menyimak tips berikut:

Perhatikan jenis bahan dan ukuran bola tersebut,

Ukuran bola untuk futsal dan sepak bola biasa tentu berbeda, Anda bisa memperhatikan angka yang tercetak di salah satu sisi bola tersebut. Idealnya untuk futsal memakai ukuran 4 sedangkan untuk sepak bola adalah 5, jadi jangan sampai tertukar. Lalu bahan yang bisa dipilih adalah jenis kulit dan sintetis yang kualitasnya tidak berbeda terlalu jauh.

Memperhatikan bobotnya,

Bermain futsal tentu akan terasa semakin maksimal apabila menggunakan bola futsal yang bobotnya tidak terlalu berat. Bobot yang ringan akan membantu pemain mengendalikan bola tersebut dan tidak perlu mengeluarkan banyak tenaga. Pada saat menggiring bola ke gawang lawan maupun menendangnya agar bisa membobol gawang tim lawan tersebut. Idealnya bobot dari bola untuk olahraga futsal ini adalah antara 0.4kg sampai 0.44kg saja.

Pilih yang tingkat kekerasannya pas,

Selain memperhatikan bobot Anda pun perlu memperhatikan tingkat kekerasan bola tersebut agar memberi kenyamanan saat bermain futsal. Secara umum bola untuk futsal akan lebih empuk apabila dijahit bukannya dibuat dengan mesin press. Hanya saja bola yang dijahit cenderung lebih mahal namun ketika dipakai bermain memberikan kemudahan bagi pemain untuk mengendalikannya. Apalagi dengan bola yang lebih lunak dijamin tidak akan mudah kesakitan saat terbentur bola baik di kaki, paha, perut, dan sebagainya. Resiko cedera pun semakin kecil.

Baca juga Mengenal Jenis dan Ukuran Lapangan Futsal yang Berbeda dari Sepak Bola

Memperhatikan daya pantulnya,

Untuk memaksimalkan permainan futsal memang tidak dapat dipungkiri ikut dipengaruhi oleh kualitas bola yang digunakan. Asalkan bola tersebut punya daya pantul yang mendukung maka permainan menjadi lebih mudah dan menyenangkan. Maka sebelum dibayar cobalah mengecek daya pantulnya apakah bagus atau tidak, yakni dengan melemparkannya ke lantai. Apabila pantulannya mencapai 30-40m maka menjadi pilihan yang tepat untuk diambil. Namun jika kurang maka cari pilihan bola futsal yang lain, karena bisa membuat permainan Anda mengecewakan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *