Pahami Tips dan Trik Menghindari Cidera Saat Bermain Bola Basket

Dalam melakukan beberapa olahraga kemungkinan terjadinya cidera itu tentu saja ada, bahkan dalam olahraga yang skala berat. Tetapi hal itu bisa dihindari dengan teknik atau persiapan yang tepat, baik dari sebelum olahraga sampai dengan sesudah olahraga. Begitu juga saat Anda melakukan permainan dalam olahraga bermain bola, baik itu bola basket, sepak bola, bola tenis atau lainnya. Cidera sendiri bermacam-macam, dari mulai yang ringan sampai dengan yang parah seperti kesleo, patah tulang, tulang geser atau lain sebagainya.

Maka dari itu sangat penting Anda mengetahui beberapa trik untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan saat olahraga. Nah, berikut ini akan dibagi mengenai cara mencegah terjadinya cidera yang berlebihan saat basket yaitu:

  • Latihan dan aktivitas rutin setiap hari.

Untuk cara yang pertama adalah Anda bisa melakukan latihan dan juga aktivitas rutin setiap harinya. Dengan begitu badan Anda akan terbiasa melakukan gerakan supaya tidak kaku saat melakukan olahraga. Misalnya dari bangun pagi senam ringan, jogging, atau pemanasan tubuh lainnya. Tujuannya tentu memperkuat otot-otot dalam tubuh supaya lebih siap saat pertandingan basket dimulai.

  • Melakukan gerakan secara tepat.

Banyak yang mengatakan bahwa resiko terjadinya cidera itu didorong karena faktor aktivitas yang Anda lakukan salah. Misalnya teknik pemanasan yang tidak tepat, gerakan yang tidak sesuai atau lainnya.

  • Hindari kelelahan yang berlebihan.

Walaupun Anda merasa kuat dalam melakukan pertandingan basket tetapi tetap saja kelelahan yang Anda alami tidak akan bisa membohongi hasil dari pertandingan yang dilakukan. Jangan pernah paksakan untuk tetap bermain bola basket jika Anda sudah mengalami kelelahan yang berlebihan. Hal itu dapat mengakibatkan terjadinya kecelakaan dan akhirnya mengalami cidera.

  • Batasi gerakan freestyle.

Melakukan gerakan bebas yang indah merupakan salah satu kelebihan yang dimiliki oleh pemain basket. Tetapi tahukah Anda melakukan gerakan freestyle yang berlebihan dapat mengakibatkan terjadinya cidera. Jangan pernah memforsir untuk melakukan gerakan yang Anda sendiri tidak mampu dan tidak kuasai untuk sekedar ujung gigi kepada lawan.

  • Istirahat yang cukup.

Tahukah Anda bahwa istirahat yang cukup dapat membantu otot dan tulang pada tubuh Anda kembali mengeluarkan kekuatan. Nah, maka dari itu penting sekali rasanya Anda menjadwalkan istirahat yang cukup supaya siap untuk melakukan pertandingan bola basket.

Untuk mendapatkan tampilan dalam pertandingan yang lebih bagus lagi Anda bisa menambahkan untuk mengkonsumsi suplemen kalsium sebagai perkuatan otot-otot tubuh. Karena kemungkinan besar cidera yang dialami juga karena kekuatan otot yang kurang. Karena seperti yang diketahui bahwa dalam bermain bola basket memerlukan gerakan yang ekstra keras, cukup menguras tenaga, energi dan membutuhkan kekuatan tulang atau otot tubuh Anda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *