Kenali Jenis Rumput di Lapangan Bola Beserta Kelebihannya

Sepak bola merupakan permainan yang amat banyak diminati oleh para pria di seluruh dunia. tim besar bertengger mampu menjual jersey, pemain handal juga menjadi bintang iklan banyak merek dunia sehingga tak heran kian menjadikan sepak bola kian terkenal. Jika membicarakan tentang sepak bola, maka lapangan menjadi bagian utama yang tidak akan bisa dipisahkan. Hal ini lantaran lapangan bola menjadi tempat para pemain bola itu beradu dan bertanding.

Dapat diakui jika sepak bola merupakan olahraga yang cukup fleksibel dimana tak hanya bisa dimainkan di lapangan rumput semata, namun juga bisa dimainkan dimana saja asalkan ada area cukup luas. Namun memang lapangan rumput dengan ukuran standar beserta gawangnya menjadi lapangan yang amat ideal untuk bermain bola. Dengan lapangan rumput, maka para pemain bisa lebih bebas dalam bermain bola dan resiko cedera bisa lebih diminimalisir.

Untuk menambah pengetahuan Anda, maka berikut ini beberapa jenis rumput yang digunakan di lapangan bola sepak:

  • Rumput jenis ZM

Untuk jenis rumput ini biasanya disebut dengan rumput manila dimana rumput ini adalah rumput yang terbaik untuk bermain sepak bola. Warnanya hijau dengan tekstur yang amat pekat dibanding jenis rumput lainnya. Selain itu dari segi elastisitasnya juga sangat baik dimana rumputnya berdaun runcing dan dari segi rigiditas aman ketika terkena sepul sepatu. Kekuatan dari akar rumput pun amat baik. Namun pengelolaannya memang harus tingkat tinggi dimana butuh biaya yang mahal. Untuk harga rumput ini adalah sekitar 80 ribu per meter persegi.

  • Rumput jenis CD

Rumput ini biasa disebut dengan nama rumput bermuda dimana kualitasnya mirip dengan rumput ZM. Namun ada juga perbedaannya dimana kekuatan dari akar rumput CD tak sekuat rumput ZM karena mudah terkelupas ketika terinjak pemain. Tak heran jika jenis rumput ini lebih sering dipakai di permainan golf. Harganya 60 ribu per meter persegi.

  • Rumput jenis AC

Rumput gajah adalah sebutan lain dari jenis rumput ini dimana mudah ditemukan di taman kota hingga alun-alun. Perkaranya baik namun bentuk daunnya cenderung lebih lebar dan mudah rusak. Perawatan pada rumput ini juga harus baik karena jika tidak maka warna rumput akan mudah berubah jadi kekuningan. Harganya juga cukup murah karena kualitas rumputnya yang tidak begitu bagus yaitu 35 ribu per meter perseginya.

Itulah beberapa jenis rumput yang biasa digunakan di lapangan bola. Untuk lapangan yang bertaraf internasional, tentu jenis rumputnya adalah rumput terbaik karena memang ditujukan untuk permainan besar dan kompetisi dunia. Selain itu dengan rumput terbaik maka permainan dan gelinding bola pun akan kian baik.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *