Beberapa Aturan Pertandingan futsal

Futsal adalah permainan sepak bola mini yang menjadi kegemaran banyak orang. Khusunys bagi para pria. Futsal, bahkan telah menjadi trend bagi kebanyakan dari mereka, ketimbang sepak bola biasa. Sebab, memang pertandingan futsal mudah di gelar di sebuah lapangan kecil dalam ruangan. Yang kini, telah banyak dijadikan lahan sewaan di mana pun dengan tarif per jam.

Sebenarnya, pertandingan futsal dengan pertandingan sepak bola tak jauh berbeda. Hanya dibedakan oleh luasnya lapangan dan beberapa aturan khusus. Untuk lebih jelasnya berikut ini kami sajikan beberapa aturan pertandingan futsal.

Baca juga: Harga Sepatu Futsal Berbagai Merek Rekomendasi Kami

  • Periode pertandingan dua babak

Periode pertandingan futsal menganut pertandingan dua babak. Ya, mirip dengan sepak bola biasa, namun dengan rentang waktu yang lebih pendek mungkin. Atau bisa juga sama. Yaitu, sekitar empat puluh lima menit pada tiap babaknya.

Namun, waktu ini adalah waktu normal. Jika dalam pertandingan futsal, para pemain dari dua tim masing-masing masih saja dalam keadaan yang seimbang, tentu saja bakal ada babak perpanjangan waktu. Alhasil, waktu akan ditambah secara proporsional sesuai dengan kondisi pertandingan futsal itu sendiri.

  • Time out adalah hak setiap tim

Dalam pertandingan futsal antara dua tim, juga diberikan hak time out. Time out ini, adalah jeda waktu yang dimiliki oleh tiap tim, pada saat permainan berlangsung. Namun, time out ini diberikan secara proporsional sesuai dengan keadaan pertandingan futsal antara kedua tim tersebut.

  • Out bila bola keluar garis tipis

Pertandingan futsal adalah pertandingan sepak bola mini yang dimainkan dalam pelataran lapangan yang kecil saja. Maka, dari itu, untuk ukuran bola keluar, pertandingan futsal juga diatur berdasarkan dengan luas lapangan futsal. Jadi, jangan heran bila pada pertandingan futsal bola lebih sering keluar ketimbang pada pertandingan sepak bola biasa.

  • Ada tendangan ke dalam

Dalam pertandingan futsal, dikenal juga tendangan bola ke dalam lapangan oleh kiper. Ini adalah metode yang jadi pengganti lemparan bola ke dalam oleh kiper. Juga bisa menjadi penanda bahwa permaianan dimulai.

  • Jarak pinalty lebih dekat

Nah, masih disebabkan oleh luas lapangan yang tak terlalu besar, pinalty untuk pertandingan futsal juga jauh lebih dekat dengan tiang gawang. Maka, ini juga disesuaikan dengan luas lapangan. Tendangan pinalty pun bisa menjadi lebih keras ketimbang tendangan pinalty di lapangan biasa.

Berikut tadi adalah beberapa ulasan tentang beberapa aturan yang melingkupi pertandingan futsal. Tak jauh berbeda dengan pertandingan sepak bola konvensional. Namun, dalam tataran tertentu, aturan pertandingan futsal ini masih bisa berubah. Tergantung, sekali lagi, pada kondisi lapangan sepak bola futsal.

Namun, yang perlu diingat, pertandingan futsal adalah permaianan yang asyik untuk dimainkan oleh siapapun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *