Trik Futsal Yang Bisa Membuat Lawan Kewalahan

Futsal adalah permainan sepak bola antara dua tim, dimana masing-masing tim berjumlah 5 orang. Tujuan permainan ini adalah menciptakan gol sebanyak-banyaknya ke gawang lawan. Agar berhasil mencapai tujuan yang diinginkan diperlukan trik futsal khusus. Nah bagi Anda yang hobi bermain futsal baca artikel ini hingga tuntas, karena di sini kita akan membahas trik yang bisa Anda coba.

  • Mengontrol Bola

Mampu mengontrol bola menjadi salah satu hal penting dalam permainan futsal. Latihlah bagaimana caranya mengontrol bola menggunakan kedua kaki dan seluruh bagian tubuh di segala situasi yang akan Anda temui di lapangan.

Kontrol yang baik adalah menggunakan bagian sol sepatu karena akan lebih mudah mengubah arah bola sesuai dengan keinginan namun masih dalam penguasaan penuh.

Pada waktu bola belum sampai ke kita, harus sudah tahu arah bola akaan diarahkan, dengan demikian bisa langsung mengontrol bola ke arah yang akan dituju. Mengontrol bola menggunakan bagian sol sepatu bisa dilakukan pada waktu tumit kaki berada di atas tanah, bukan pada waktu melayang. Menggunakan sol sepatu membuat bola lebih terkontrol sempurna tanpa terpental.

  • Menggiring Bola

Trik futsal menggiring bola atau dribel pada permainan futsal berbeda dengan dribel sepakbola. Pada olahraga futsal, dribelnya lebih mengedepankan waktu yang tepat yaitu kapan saatnya harus dribbling.

  • Pergerakan

Lapangan futsal ukurannya lebih kecil dibandingkan dengan lapangan sepakbola. Jadi kuncinya adalah membuka ruang gerak dan meminta anggota satu tim memberikan operan. Dengan posisi mata tetap kontak dengan bola bisa membuat pergerakan mubazir.

  • Menembak Bola

Menembak bola tujuannya adalah untuk mencetak gol. Saat menendang bola ke gawang lawan harus dilakukan dengan percaya diri, sekecil apapun kesempatan lakukan dengan yakin.  Selain waktu yang tepat melakukan tembakan, gunakan ujung kaki dan punggung kaki untuk menendang bola. Hindari menggunakan kaki luar dan dalam. Hal ini dilakukan agar tendangan yang dihasilkan lebih power pull.

  • Umpan Cerdas

Mengumpan bola pada permainan futsal menjadi hal yang penting. Penting untuk mengetahui kapan waktu yang tepat untuk melepaskan umpan. Lihat dan perhatikan sekeliling Anda, dimana posisi tim dan lawan. Pada waktu Anda mendapatkan bola, lepaskan umpan dengan tepat apakah harus umpan panjang, pendek atau terobosan. Selain itu kecepatan mengumpan sangat berpengaruh.

  • Komunikasi

Jangan anggap remeh komunikasi dilapangan. Walaupun mulut tidak berbicara, komunikasi non verbal menjadi sangat penting. Tidak ada salahnya mengingatkan siapa yang menjadi penjaga, atau siapa yang harus menutup ruang dan lain sebagainya. Perkuat komunikasi dilapangan dengan saling berdiskusi saat latihan atau sebelum bertanding. Hal ini dilakukan untuk menjaga kerjasama dan tetap  kompak.

Demikian trik futsal yang bisa Anda coba lakukan. Masih banyak trik ampuh lainnya yang mendukung permainan tim Anda untuk menjadi juara lapangan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *