Cara Membangun Lapangan Futsal Yang Benar

Lapangan futsal —– Futsal sudah menjelma menjadi olahraga yang paling populer di dunia, termasuk di Indonesia. Beberapa venue futsal pun dibuat, agar masyarakat bisa bermain futsal dengan nyaman dan bersemangat. Bagi Anda yang saat ini sedang ingin membangun usaha lapangan futsal di bawah ini kami akan bagikan cara-cara membangun lapangan futsal yang benar., menurut para pakar.

Sebenarnya rumput sintetis yang sering kita lihat di venue-venue futsal, bukan termasuk kedalam olahraga futsal melainkan indoor soccer, tetapi sebagian orang di Indonesia melihat lapangan futsal identik dengan rumput sintetis. Padahal secara jelas ditentukan oleh FIFA standar lapangan futsal internasional adalah menggunakan material karet, vinyl, ataupun parket kayu.

Baca juga: BEBERAPA MANFAAT OLAHRAGA FUTSAL

Berikut ini adalah beberapa cara membangun lapangan futsal yang tepat, dari segi ukuran maupun standar nasional;

Tipe ukuran standard nasional dalam pembuatan lapangan futsal adalah :

16 x 26 mtr = 416 mtr. Ukuran tersebut diambil dari ukuran jaring ke jaring, dan untuk ukuran area main, dari ukuran tersebut diambil lagi 50 cm di keempat sisinya sehingga area main efektif 15 x 25 mtr = 375 mtr.

   Ukuran jaring adalah 16 mtr x 26 mtr

   Area merah muda adalah area diantara jaring dan garis putih berjarak 50 cm

   Area hijau garis-garis adalah area main efektif

Sedangkan untuk ukuran international adalah : Lebar lapangan 18 – 25 mtr sedangkan Panjang adalah 38 – 42 mtr. Ukuran yang sering digunakan utk lapangan international biasanya 20 x 40 mtr, namun masing2 tergantung dari lahan yang tersedia.

Berapa luas tanah yang dibutuhkan untuk membangun

satu lapangan futsal standard nasional ?

Apabila Anda ingin membangun lapangan standard nasional, maka dibutuhkan 16 x 26 m = 416 mtr, hitungan ini hanya lapangan futsalnya saja, untuk bangunan yang pasti harus lebih besar. Lapangan futsal indoor paling tidak membutuhkan minimal 20 x 30 mtr = 600 mtr, ini hanya bangunan saja, belum lagi lahan untuk parkir, ruang ganti, toilet dll. Paling tidak, untuk mengakomodasi semua kebutuhan lapangan futsal lengkap dengan lahan parkir, toilet, ruang ganti dll membutuhkan paling tidak 800 – 1000 mtr.

Kemudian untuk ukuran tiang gawang adalah sebagai berikut :

   Lebar 3 mtr

   Tinggi 2 mtr

   Tiang atas ke belakang 35 cm

   Tiang bawah ke belakang 50 cm

bahan yang digunakan biasanya pipa hitam ukuran 3″ untuk tiang depan dan 2.5″ untuk tiang belakang.

Semoga informasi di atas bisa menambah referensi Anda dan bermanfaat apabila Anda sedang ingin membangun usaha olahraga futsal di kota Anda. sekian dan terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *