Berita Sepakbola Dalam Negeri: Kiprah dan Sosok Striker Timnas Irfan BachdimBerita Sepakbola Dalam Negeri: Kiprah dan Sosok Striker Timnas Irfan Bachdim

Berita sepakbola kali ini, kami akan menurunkan tulisan mengenai sosok dan kiprah dari striker timnas Indonesia, Irfan Bachdim, striker timnas yang kini menjelma menjadi pemain yang dikagumi dan disegani. Saat berita ini diturunkan, Irfan Bahdim baru saja menyelesaikan perpindahan klubnya dari Consadole Sapporo, klub J-League ke Bali United.

Masa muda:

Irfan Bachdim, lahir pada 11 Agustus 1988, ia adalah pemain sepak bola Indonesia yang saat ini bermain untuk Bali United.  Bachdim lahir di Amsterdam, Belanda dari orangtua bernama  Noval Bachdim dan ibu Belanda, Hester van Dijk.

Awal karir

Dia memulai karirnya di Ajax bersama dengan Mitchell Donald, Jeffrey Sarpong, Christian Supusepa dan Ryan Babel, tetapi pindah ke Hoofdklasse SV Argon setelah 3 tahun. Ia menjadi pencetak gol terbanyak di liga, meskipun posisinya sebagai gelandang,

FC Utrecht

Salah satu pemandu bakat dari F Utrecht membawanya ke FC Utrecht. Dia adalah pilihan pertama untuk tim junior FC Utrecht dan kadang-kadang bermain untuk tim cadangan. Dia melakukan debut untuk FC Utrecht di Eredivisie pada 17 Februari 2008, bermain 90 menit melawan VVV-Venlo.

Masuk Timnas U-23

Sebenarnya Irfan Bachdim saat usianya masih 18 tahun sempat hampir membela Timnas U-23, namun sayang ia harus memupus harapannya membela timnas Indonesia U-23 di  ajang Asian Games Qatar.   Karena cedera, seminggu sebelum pemberangkatan.

HFC Haarlem

Pada bulan Juli 2009 ia menandatangani untuk HFC Haarlem dalam kesepakatan transfer bebas. Maret 2010 ia mencoba peruntungan untuk mengikuti seleksi percobaan untuk klub  Persib Bandung dan Persija Jakarta, namun ke 2 klub tersebut belum memilih Bacdim

Persema Malang

Keinginan Bachdim untuk bermain di Indonesia akhirnya terwujud ketika ia bergabung dengan klub Persema Malang, adalah sosok pelatih Persema kala ini, Timo Scheunemann yang memberikan kesempatan untuk Bacdim bermain sebagai skuad utama di Persema. Yang kelak dari sinilah, nama Bacdim mulai meroket dan mulai populer.  Kontrak tersebut ditandatangani pada tanggal 9 Agustus 2010. Penampilannya di pertandingan pertamanya untuk tim nasional Indonesia membuat dia terkenal di kalangan masyarakat Indonesia.

Karir di J-League

Pada awal Desember 2013  Bacdim mengikuti seleksi pemain di klub J-League Vegalta Sendai dan Ventforet Kofu selama 2 minggu. Dia mengatakan bahwa jika dia tidak mendapatkan kontrak dengan klub ini, ia akan kembali ke Chonburi untuk membuktikan dirinya kepada manajer baru.

Ventforet Kofu

Bachdim mengumumkan ke awak berita olahraga  pada Senin 27 Januari, 2014 bahwa ia telah resmi bergabung dengan klub Ventforet Kofu.

General manager Ventforet Kofu, Satoru Sakuma mengatakan Bachdim emain Indonesia pertama J. League dan kontraknya akan berjalan hingga akhir musim 2014.

Consadole Sapporo

Beberapa media berita olahraga di Jepang  menurunkan berita pada Senin 22 Desember, 2014  kalau klub Consadole Sapporo telah menandatangani kontrak Internasional untuk pemain Timnas Indonesia  Irfan Bachdim dari Ventforet Kofu. [6] Pengenalan Irfan Bachdim sebagai salah satu dari enam pemain baru dari klub  pada tanggal 20 Januari 2015.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *