Profesi Mantan Pemain Setelah Meninggalkan Dunia Bola

Setiap pemain sepakbola menyadari bahwa mereka tidak selamanya dapat terus bermain bola di atas lapangan. Rata-rata pemain sepak bola hanya aktif bermain bola paling lama dua puluh tahun. Hanya sedikit pemain yang dapat melampaui masa aktif bermain melebih dua puluh tahun. Setelah meninggalkan profesinya sebagai pemain sepak bola, kebanyakan pemain masih melakukan aktifitas yang berhubungan erat dengan dunia bola, seperti menjadi pelatih, pemandu bakat, hingga menjadi direktur tehnik sebuah klub sepakbola. Namun, tidak sedikit mantan pemain sepakbola yang memilih profesi di luar lapangan. Berikut ini merupakan beberapa profesi yang banyak dipilih oleh mantan pemain sepak bola untuk menjalani masa pensiunnya sebagai pemain.

Komentator Televisi

Sangat banyak mantan pemain sepakbola yang masih memilih profesi yang berdekatan dengan bidang yang dikuasainya, yaitu dunia sepakbola itu sendiri. Jika tidak mendapat kesempatan untuk melatih klub sepakbola atau setidaknya menjadi pemandu bakat, para pemain yang sudah pensiun umumnya menjalankan profesi sebagai komentator televisi, khususnya mengenai tayangan sepak bola. Seorang komentator tayangan sepakbola di televisi diharuskan menguasai hal-hal teknis yang berkaitan dengan pertandingan, mulai dari prediksi, strategi, hingga data-data yang lebih detail lainnya. Mantan pemain sepakbola yang sudah akrab dengan tema-tema tersebut tentu akan menguasai permasalahan dunia yang sudah digelutinya, sehingga tidak terlalu sulit untuk menjadi komentator sebuah pertandingan sepakbola. Beberapa mantan pemain yang menjalankan profesi sebagai komentator televisi setelah pensiun di antaranya adalah Thierry Henry dan Garry Neville.

Bisnis di Bidang Fashion

Banyaknya pemain sepak bola yang berwajah tampan nan rupawan membuat banyak desainer kenamaan dunia yang melirik pesepakbola sebagai model pakaian rancangan mereka. Tidak sedikit pemain sepakbola yang menjadi model sebuah produk fashion. Bahkan setelah pensiun dari dunia bola, beberapa mantan pemain bola masih menjalankan profesi yang berhubungan dengan dunia fashion. Salah satu mantan pemain sepakbola yang sukses menjalankan bisnis di bidang fashion adalah David Beckham. David Beckham sukses menembus ke pasar fashion Hollywood dengan merilis berbagai jenis pakaian, mulai dari polo-shirt hingga celana dalam.

Membuka Usaha Restoran

Merintis bisnis kuliner merupakan pilihan lain yang banyak digeluti oleh mantan pemain sepak bola. Meski tidak memiliki skill memasak yang mumpuni, para mantan pemain sepakbola yang menggeluti bidang bisnis ini dengan membuka usaha restoran umumnya memiliki ketertarikan yang besar terhadap makanan. Umumnya mereka bertindak sebagai investor yang bekerja sama dengan koki-koki yang memiliki pengetahuan lebih seputar kuliner. Di antara pemain yang sukses berbisnis di bidang kuliner adalah Clarence Seedorf Rio Ferdinand dan Christian Vieri.

Itulah beberapa profesi yang digeluti oleh mantan pemain sepakbola setelah meninggalkan dunia bola. Gaji yang cukup besar selama menjadi pemain membuat mereka memiliki tabungan yang sangat cukup sehingga menjalankan profesi yang berhubungan dengan dunia bisnis sangat realistis untuk dijadikan pilihan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *