Inilah Beberapa Trik dan Tips Futsal yang Patut Anda Coba!

Meraih kemenangan dan kesuksesan dalam permainan olahraga futsal tentu hal yang sangat menggembirakan. Entah dari pihak pemain, pelatih, klub, maupun pihak-pihak lainnya yang mendukung. Untuk menggapai kesuksesan seperti yang diharapkan, pastinya membutuhkan hal-hal seperti skill yang bagus, kompaknya tim, pemain pintar yang ada di dalam grup, dan lain sebagainya. Agar hal-hal itu dapat tercapai, perlu trik dan tips futsal dalam meraih gol yang memukau.

Berikut ini adalah trik dan tips futsal yang dapat Anda aplikasikan ke dalam permainan. Meski setiap regu dan tim futsal memiliki strategi yang berlainan. Secara umum, mereka menekankan kepada hal-hal semacam ini:

  • Mengontrol bola

Latih lah kedua kaki Anda agar dapat mengontrol bola dalam situasi apapun. Tidak hanya dengan kedua kaki, tetapi seluruh bagian tubuh juga harus dikontrol. Bagaimana caranya mempertahankan bola, bagaimana digiring, semuanya harus dikontrol.

  • Umpan pintar

Didalam permainan futsal harus ada kekompakan yang dilakukan di dalam tim. Yaitu saling mengumpan dan mengoper bola ke sesama anggota. Ketika Anda mendapatkan bola dan harus diumpan, Anda harus tahu kapan bola itu dilepaskan. Harus pendek, panjang, ataupun terobosan. Kecepatan umpan juga sangat berpengaruh. Sehingga Anda harus pintar-pintar memainkan umpan.

  • Tendangan mantap

Teknik yang digunakan untuk tendangan, tidak hanya mengandalkan seberapa kerasnya tendangan. Tetapi perlu menggunakan pikiran dan arah tendangan yang pas. Walaupun setiap pemain ingin menendang, sebaiknya berpikir terlebih dahulu. Pas atau tidak waktunya. Sehingga memerlukan pikiran yang cerdas.

  • Kekompakan

Futsal berisikan 5 orang setiap timnya. Jika ingin memenangkan suatu permainan, tim perlu melatih kekompakannya. Baik dalam segi komunikasi, gerak tubuh bermain, ataupun saling membantu lawan. Tidak bisa jika tampil secara individu. Karena yang dibutuhkan adalah kerjasama tim.

Baca juga: 5 Tips Futsal Untuk Para Pemula

  • Kebugaran tubuh

Menjaga kesehatan dan stamina tubuh sangat diperlukan demi memenangkan sebuah permainan olahraga ini. Kebugaran tubuh dapat diraih dengan tidur yang cukup, olahraga rutin, pola makan sehat, dan pikiran yang positif. Dengan tubuh yang fit, maka segalanya akan menjadi cepat dan tepat sasaran. Kemenangan pun akan diraih jika sudah begini.

  • Disiplin

Agar semua hal didalam strategi dan taktik dapat meraih sebuah kemenangan. Para pemain dituntut untuk dapat menjaga dan meningkatkan sikap kedisiplinan. Dimulai dari datang tepat waktu, selalu berlatih, menjaga pola makan, menjaga gaya hidup, terus meningkatkan skill, dan masih banyak lainnya.

Inilah beberapa trik dan tips futsal yang bermanfaat bagi Anda sebagai pemain futsal. Ketika pengaplikasian semua tips dilakukan, maka kemenangan yang sudah di idam-idamkan dalam permainan laga besar tentunya bukan menjadi bualan semata. Kenyataan akan menjadi juara telah jatuh di depan mata. Walaupun bukan semata karena kemenangan, namun kebanggaan akan kekompakanlah yang menjadi tujuan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *