4 Perlengkapan Sepakbola Untuk Kiper

Kiper-kiper kelas dunia seperti Iker Cassilas, Gianlugi Buffon, Joe Hart, Peter Cech, De Gea, dan Manuel Peter Neuer bisa tampil sangat performa saat menjaga gawangnya dari lawan-lawannya. Disamping karena kualitas yang mumpuni, mereka juga mematuhi segala macam beberapa perlengkapan sepakbola yang wajib bagi seorang kiper professional. Kurang sah, sepertinya kalau seorang kiper tidak melengkapi penampilannya saat bertanding. Hal tersebut akan menganggu permainan. Dalam sepakbola modern, seorang kiper memang sangat disorot permainannya. Jadi tak salah, kalau ada beberapa kiper dunia, seperti kiper Jerman saat ini Manuel Peter Neuer, sempat dinominasikan sebagai calon pemain terbaik dunia versi FIFA.

Berikut di bawah ini 4 perlengkapan sepakbola untuk seorang kiper:

1 . Sarung tangan

Bagi seorang kiper, sarung tangan adalah identitas sempurna bagi seorang penjaga gawang. Fungsinya sebagai penahan tendangan bola dari striker lawan. Sekarang ini banyak berbagai macam pilihan model, bahan dan desain sarung tangan untuk kiper. Sebagai seorang kiper, Anda harus cermat memilih sarung tangan. Sarung tangan Full Finger,bagus untuk Anda yang akan memainkan laga penting di dalam pertandingan. Karena sarung tangan dengan model Full Finger memiliki fungsi yang sangat banyak. Dilengkapi dengan pelindung seluruh jari di dalamnya dan diluarnya juga dilapisi bantalan yang cukup kuat. Dan bisa memimalisir risiko cidera bagi tangan Anda.    

Baca Juga: 4 Perlengkapan Futsal Untuk Penjaga Gawang

  1. Deker

Fungsi Deker atau pelindung tulang kering sangat vital manfaatnya. Kiper sekelas Iker Cassilas, pun tak pernah luput membenahi dekernya kalau sedikit lepas saat sedang adu kontak dengan striker lawan. Seorang kiper yang bertugas menjaga gawang harus siap selalu dengan adu kontak, atau saat ditekel. Deker bisa mengamankan tulang kering yang sangat sensitive saat terkena sentuhan cukup keras.

  1. Seragam Khusus Kiper

Seorang kiper mempunyai privilese khusus bukan hanya boleh mengunakan kedua tangannya saat masih dalam zona area penalti. Melainkan juga dari segi seragam yang membedakan. Seperti peraturan yang dikeluarkan FIFA. Yang mewajibkan kiper harus memakai seragam yang berbeda dari para pemain dan wasit. Jika Anda adalah seorang kiper pilihlah seragam kiper dari baju dan celana sesuai dengan postur tubuh. Agar di lapangan Anda merasa nyaman.

  1. Helmet

Helmet berfungsi sebagai penahan cedera pada otak. Seorang kiper sering mendapat serangan dari duel-duel udara atau sering menyelamatkan bola darat, kemungkinan bisa juga terkena besi gawang yang keras. Helmet berfungsi untuk menahan kepala kiper dari benturan besi gawang atau duel udara. Beberapa kiper memang sering mengalami benturan besi saat hendak menyelamatkan bola di sisi pojok gawang. Kiper terbaik dunia Peter Cech pun, mempunyai cirri khas saat bertanding, dia sering memakai helmet sebagai perlengkapan sepakbola yang penting untuk seorang kiper.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *