Manfaat Futsal Ternyata Sangat Menakjubkan

Futsal adalah olahraga yang sangat berkembang dan populer di Indonesia. Sekilas, futsal hampir sama dengan sepak bola tetapi bedanya terdapat pada tempat dan jumlah pemain yang
digunakan. Di era yang modern ini bukan hanya pria saja yang menyukai olahraga futsal. Akan tetapi sekarang para wanita juga mulai menyukainya. Tentu saja ada beraneka alasan mengapa futsal digemari oleh banyak orang. Salah satu alasannya adalah manfaat futsal yang ternyata sangat menakjubkan. Apa sajakah manfaat dari olahraga futsal? Langsung saja simak pada ulasan di bawah ini.

Menjaga Kesehatan Tubuh

Hampir sama dengan olahraga lain pada umumnya, manfaat dari olahraga futsal yang pertama adalah untuk menjaga kesehatan tubuh. Bagaimana tidak, lewat tiap gerakannya hampir seluruh otot dan tulang yang melekat dalam tubuh akan lebih terlatih. Jadi otot menjadi lebih lentur dan tulang menjadi lebih kuat. Selain itu dengan olahraga futsal ternyata juga bisa membakar kalori lebih banyak, kurang lebih sebesar 650 kalori. Cocok sekali bagi Andayang sedang melakukan diet. Lewat olahraga futsal juga metabolisme dalam tubuh akan lebih maksimal dan bisa mengeluarkan kandungan racun dalam tubuh.

Mengurangi Stress

Anda sering mengalami stress? Mungkin tak ada salahnya jika Anda mencoba untuk melakukan olahraga futsal. Lewat futsal Anda bisa menyegarkan fikiran yang gundah. Wajar saja karena pada saat futsal Anda bisa bertemu dengan banyak orang. Entah itu teman atau sekedar kenalan. Dengan begitu Anda bisa melupakan sejenak permasalahan yang sedang melanda diri Anda. Mungkin melakukan futsal dalam 3 kali seminggu akan lebih baik dalam membantu Anda dalam mengurangi pikiran yang stress. Jadi manfaat futsal tidak hanya bisa didapatkan untuk tubuh saja. Tetapi juga bisa didapatkan dalam bentuk psikis.

Melatih Kerja Sama

Semua orang tentu sudah tahu jika futsal dilakukan oleh orang dengan jumlah lebih dari satu. Untuk itulah butuh kerja sama yang sangat tinggi sehingga gol bisa tercapai. Selain butuh kerja sama, pada olahraga futsal ini juga dibutuhkan strategi yang hebat. Jika strategi dan kekompakan hebat tentu sebuah tim futsal bisa dengan mudah memenangkan pertandingan bukan? Beberapa contoh kerja sama dan strategi yang dilakukan ketika bertanding futsal adalah sebagai berikut:

  • Kerja sama dalam melakukan tak tik.
  • Mendiskusikan bagaimana cara memenangkan sebuah pertandingan.
  • Fikiran juga akan dilatih untuk berfikir cepat dalam waktu yang singkat.

Tentu setelah membaca aneka manfaat diatas Anda menjadi lebih tertarik bukan? Agar olahraga futsal yang Anda lakukan dapat memberikan banyak manfaat seperti diatas, sebaiknya lakukan beberapa hal berikut ini:

  • Lakukan olahraga futsal ini secara rutin tiap minggunya.
  • Untuk memperoleh banyak manfaat dan mencegah cedera, sebaiknya Anda kenakan aneka perlengkapan futsal. Misalnya saja jersey, sepatu futsal dan sebagainya.
  • Biasakan untuk melakukan pemanasan sebelum memulainya. Karena futsal tanpa pemanasan justru tidak akan mendapatkan manfaatnya. Bisa jadi justru mengundang cedera yang mungkin saja terjadi pada tubuh Anda.

 

Selama ini mungkin Anda hanya menganggap manfaat futsal hanya bisa diperoleh untuk tubuh saja. Tapi setelah membaca ulasan ini, Anda menjadi semakin mengerti bukan jika masih ada banyak lagi manfaat olahraga futsal yang bisa Anda dapatkan. Karena manfaatnya begitu banyak, sebaiknya mulai sekarang jangan malas lagi untuk melakukannya. Bahkan jika perlu Anda bisa rajin melakukan olahraga futsal ini secara rutin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *