Home Sports 6 Teknik Melakukan Dribble Buat Kamu Pemain Pemula Bola Basket

6 Teknik Melakukan Dribble Buat Kamu Pemain Pemula Bola Basket

by Erin Nuzulia
dribble 1

Memiliki hobi bermain Bola Basket merupakan keunikan tersendiri. Bermain Bola Basket selain sebagai hobi, juga tentunya ajang untuk kompetisi olah raga. Keahlian dalam menguasai Bola Basket dan memahami teknik bermain adalah kunci bagi para pemain Bola Basket untuk menjadi ahli. Berbagai teknik dalam bermain Bola Basket sering kita dengar, bahkan dengan menonton pertandingannya melalui layar televisi kita bisa melihat teknik dasar bermain Bola Basket secara tidak langsung. Teknik dasar yang harus dimiliki untuk menjadi bermain Bola Basket adalah dapat memegang bola dan melakukan dribble (menggiring Bola Basket), sebelum Bola Basket kita masukan ke dalam ring.

Dribble Bola Basket mmerupakan dasar bagi kelancaran seorang pemain untuk terus bisa memasukkan bola ke dalam ring.  Dribble atau menggiring Bola Basket dengan memantulkan bola ke lantai, sembari berlari atau berjalan, dapat dilakukan dengan menggunakan tangan kiri atau tangan kanan secara bergantian. Permainan yang simple, mencari point dengan memasukkan Bola Basket ke dalam ring sebanyak –banyaknya. Sebagai pemula memang terlihat simple jika kita lihat dari cara mendapatkan pointnya.

Teknik Dasar Memegang Bola Basket Untuk Pemain Pemula

  1. Memegang Bola Basket harus menggunakan kedua tangan dalam posisi yang pas.
  2. Dalam memegang Bola Basket letakkan posisi ruas-ruas jari tangan terbuka seperti kita sedang memegang sebuah Mangkuk Besar.
  3. Posisikan kedua telapak tangan dalam memegang Bola Basket, letaknya ada di posisi kanan dan kiri pada bagian Bola.
  4. Atur posisi berdiri dengan membuka kedua telapak kaki agak lebar, atur posisi kaki kanan berada pada posisi agak ke depan, fungsinya untuk menjaga keseimbangan dalam memegang Bola Basket.
  5. Posisi tubuh saat memegang Bola Basket adalah agak condong ke depan.
  6. Kemudian pada saat memegang Bola Basket, dalam posisi yang nyaman dan tenang.
Baca Juga:   Kamu Hobi Bersepeda? Cek Sepeda BMX!

Namun untuk mendapatkan point sebanyak –banyaknya kita harus mempunyai kemampuan dasar, penguasaan dalam menggiring bola, serta kemampuan dalam memasukkan bola ke dalam ring. Berikut ini adalah teknik dasar yang harus dimiliki pemain, yakni teknik memegang Bola Basket sebagai awal dalam menguasai permainan bola basket.

Teknik memegang Bola Basket tersebut adalah teknik dasar yang harus dimiliki oleh para pemain. Salah memegang bola, nantinya akan berdampak pada kesalahan dalam menggiring, melempar, hingga memainkan bola dengan teknik dribble. Setelah mahir dalam memegang Bola Basket, pemain nantinya akan menguasai beberapa teknik, seperti teknik menerima dan melempar Bola Basket, serta teknik Dribble Bola Basket.Nah berikut ini ada beberapa teknik dribble Bola Basket yang wajib kamu pelajari sebelum mulai bermain.

6 Teknik Dribble Yang Harus Kamu Pahami

Teknik Dribble dengan posisi bola rendah

Teknik dribble dengan bola rendah adalah teknik pertahanan untuk menghadang lawan yang akan merebut bola. Posisi memegang Bola Basket dengan rendah sembari memantulkan Bola Basket ke lantai. Pemain yang mahir dalam posisi teknik bola rendah ini akan mampu mempertahankan bola.

Teknik Dribble Dengan Posisi Bola Tinggi

Teknik ini dilakukan dengan cara melakukan dribble bola dengan kekuatan yang tinggi, biasanya dilakukan pada saat pemain memasuki area pertahanan lawan. Teknik dribble ini harus dilakukan dengan sambil berlari, sehingga pemain nantinya dapat menggiring bola dan mempertahankan bola dari lawan.

Teknik Dribble Dengan Cara Spin

Teknik ini dilakukan untuk mengecoh lawan, yang akan mengambil bola. Teknik dribble spin tergolong susah karena, posisi badan dan pergerakan tangan harus sedikit memutar. Namun orang yang pandai melakukan teknik ini sudah dipastikan dia akan ahli dalam mengecoh lawan mainnya.

Baca Juga:   Beberapa Tips Futsal Ini Pastinya Sangat Berguna untuk Meningkatkan Performa Para Pemain Pemula

Teknik Between The Legs Dribble

Teknik dribble bola dengan cara menempatkan Bola Basket pada ujung depan kaki sembari kita melakukan dribble.

Teknik Behind The Legs Dribble

Teknik melakukan dribble dengan posisi bola basket ada di belakang pemain, namun tetap dapat dipantulkan. Teknik ini bertujuan agar lawan susah merebut Bola Basket dari si pemain.

Teknik Dribble Crossover

Teknik melakukan dribble dengan cara menggiring bola dengan cara posisi menyilang. Tujuan dari teknik ini adalah membuat lawan sulit menebak arah gerak pemain dalam menggiring bola.

Beberapa teknik dribble tersebut dapat dilakukan dengan cara rutin latihan. Untuk ahli dalam bidang tertentu kita memang harus sering berlatih dan paham dalam segi tekniknya. Teknik dribble Bola Basket ini memang terbilang gampang-gampang susah, namun teknik ini cukup dapat dipelajari dengan rajin berlatih dan rajin ikut kompetisi Bola Basket sehingga kita bisa tahu cara mempertahankan bola dari lawan. Oleh karena itu jika kita ingin ahli dalam bermain Bola Basket, jangan lupa pahami teknik dan rajin berlatih.

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More