Kamu Hobi Bersepeda? Cek Sepeda BMX!

sepeda bmx

Bersepeda maupun berolahraga dengan menggunakan sepeda mungkin bukan sesuatu yang asing ditemui. Ada banyak jenis sepeda yang bisa kamu temui, salah satunya adalah sepeda bmx, sepeda inilah yang mungkin saja pertama dikenal di kalangan anak dan remaja. Karena memang ukurannya yang tidak terlalu besar dan tinggi, lebih mudah terlihat namun bukan berarti kenal dengan namanya.

Beginilah alur ceritanya, simak baik-baik ya!

Kamu Hobi Bersepeda? Cek Sepeda BMX!

Kali pertamanya

BMX yang merupakan singkatan dari Bicycle Moto Cross, mulai dikenal pada akhir tahun 1960 an di California, AS. Ia hadir yang juga mulai memunculkan minat anak anak untuk mengikuti motorcross.

sepeda bmx

Hobi bersepeda juga bukan hanya untuk kalangan anak anak saja, namun juga bisa untuk orang dewasa. Kegiatan ini juga bukan merupakan sesuatu yang negatif. Dan bisa diajarkan sejak dini agar menjadi terbiasa.

Nah, bagi kamu yang baru ingin memulainya, tak usah berkecil hati. Hanya diperlukan kemauan yang kuat dan menekuninya, serta tahu cara mengendarai sepeda dengan baik.

Bersepeda sebagai hobi

Termasuk dengan yang hobi bersepeda bmx. Kegiatan bersepeda sendiri sangat bernilai positif lantaran turut menggiring pemuda untuk berkarya. Menariknya perlombaan dalam kategori penggunaan sepeda bmx sudah masuk ke dalam kancah internasional.

Perlombaan BMX

Untuk perlombaan bmx sendiri bermula pada awal tahun 1970, sebuah badan pengamanan untuk BMX didirikan di AS. Ini yang merupakan awal mula terjadinya balapan BMX secara resmi. Sehingga mulai banyak dikenal di benua Eropa di tahun 1978.            

Di bulan April 1981, didirikanlah Federasi BMX internasional dengan pelaksanaan kejuaraan dunia. Di Indonesia sendiri bmx menjadi sebuah olahraga yang populer, hingga ada Olimpiade Rio yang mampu mengantarkan atlet putra untuk perlombaan BMX.

Perlombaan Sepeda BMX sendiri dilakukan pada sebuah sirkuit yang kira kira berjarak 350 meter. Dalam balapan ini, sebanyak delapan atlet akan meluncur dari sebuah jalur ketinggian, melewati jalur, sudut membelok dan bagian yang datar.

BMX

Cukup banyak kegiatan bersepeda yang kita temui, termasuk bersepeda dengan bmx. Namun, tidaklah semua jenis BMX ini sesuai digunakan. Selain khawatir akan adanya pemalsuan sepeda, lokasi tempat bersepeda bmx juga perlu diperhatikan.

Sedikit referensi, dari jenis bmx yang bisa kamu cari sebagai pemula:

  1. Pacific BMX 20 Jaguar
  2. Pacific BMX 20 Hotshot Racer
  3. Polygon BMX Rudge 2 20
  4. Polygon BMX Rudge 3 20
  5. Serta Genio BMX 20 Fury

Disamping dengan harga sepeda bmx yang sedikit lebih mahal dibandingkan sepeda jenis biasa, ada beberapa tips untuk kamu pastikan memilih jenis BMX terbaik.

Pilih sepeda dengan rangka yang kokoh

Rangka yang kokoh atau body sepeda harus menjadi faktor perhatian paling utama. Karena kegiatan bersepeda, khususnya bmx akan lebih digunakan untuk kegiatan yang lebih ekstrem.

Salah satunya dengan adanya lompatan pada ketinggian tertentu. Jika rangkanya tidak kuat tentu akan lebih mudah patah. Jangan malu untuk menanyakan ke petugas atau penjualnya ya.

Sambungan frame sepeda

Kenali dan perhatikan sambungan yang melekat pada sepeda. Termasuk pada sambungan pedal, rangka, dan sistem pengeremannya.

Perhatikan ban

Hal lain yang harus diperhatikan dalam memilih sepeda, khususnya bmx adalah bannya. Pastikan ban sepeda tidak menyebabkan slip dan bisa mencengkram permukaan.

Jika sudah memperoleh sepeda BMX terbaik, jangan lupa gabung dikomunitas pecinta BMX dan berlatih dengan tekun ya!