Home Uncategorized 3 yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Sepeda Lipat!

3 yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Sepeda Lipat!

by Erin Nuzulia

Saat ini, bersepeda merupakan salah satu kegiatan yang bukan hanya untuk olahraga, namun juga untuk rekreasi atau berkomunitas. Salah satu kegiatan bersepeda adalah dengan menggunakan sepeda lipat. Sepeda lipat merupakan salah satu kendaraan roda dua yang memiliki pedal dan dapat dilipat sehingga lebih kecil dan praktis. Hal ini tentunya sangat bermanfaat bagi Anda yang senang menjelajah tempat baru sambil membawa sepeda. Namun, Anda harus berhati-hati sebelum membeli sepeda lipat ini. Sebab, selain beragamnya merk yang ada di pasaran, ada beberapa hal yang perlu anda ketahui sebelum membelinya. Berikut kami sampaikan beberapa ulasannya.

  1. Ukuran Roda

Sepeda lipat memiliki ukuran roda yang sangat beragam. Namun, beberapa ukuran yang sering ditemui adalah ukutan 16 inchi dan 29 inchi. Berdasarkan ukuran roda tersebut, sepeda lipat dikategorikan menjadi dua tipe, yaitu compact dan full size.

a. Compact, merupakan ukuran sepeda yang memiliki diameter roda yang lebih kecil dari 20 inchi. Ukuran ini adalah ukuran standar sepeda lipat. Namun, meskipun memiliki bentuk yang kecil, sepeda lipat tipe ini memiliki tempat duduk dan handlebars yang dapat diatur ketinggiannya. Sayangnya ukuran ini kurang cocok bagi Anda yang memiliki hobi bersepeda jarak jauh. Sepeda ini lebih cocok dibawa naik-turun transportasi umum. Artinya, tipe sepeda ini memiliki keunggulan dalam kemudahan penyimpanan.

b. Full Size, merupakan ukuran sepeda yang memiliki diameter roda yang lebih besar dari 20 inchi. Secara umum, ukuran sepeda ini mirip seperti sepeda biasa. Hanya saja, kelebihan sepeda ini dapat dilipat sehingga mudah dibawa ke berbagai tempat dan Anda tidak perlu membayar biaya tambahan saat membawanya dengan pesawat atau transportasi lainnya.

Baca Juga:   Gerakan Dasar Pemanasan Sebelum Olahraga

2. Bahan Material

Bahan material merupakan komponen penting yang harus diperhatikan agar sepeda lipat menjadi fleksibel dan lebih ringan. Terdapat tiga bahan material yang biasanya digunakan sebagai bahan dasar pembuatan sepeda lipat. Pertama, sepeda lipat yang terbuat dari steel, merupakan sepeda lipat dengan harga paling murah sebab bobotnya paling berat diantara material lainnya. Namun, bobot berat ini dapat membantu dalam menyerap guncangan atau getaran. Kedua, sepeda lipat dengan bahan aluminium atau alloy, merupakan sepeda lipat yang ringan namun tidak terlalu mahal. Kelebihan sepeda dengan bahan ini adalah mudah dikontrol. Ketiga, sepeda lipat berbahan karbon fiber, merupakan sepeda lipat yang sangat kuat dan ringan. Namun, kekurangannya adalah harganya yang mahal. Keempat, sepeda lipat dengan bahan titanium, merupakan sepeda yang terbuat dari bahan kelas atas dan memiliki harga paling tinggi diantara sepeda lipat dengan bahan dasar lainnya

3. Harga

Di pasaran, model dan harga sepeda lipat sangat beragam. Tak jarang, harga sepeda lipat dapat mencapai harga puluhan juta rupiah. Harga yang mahal ini disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya struktur dan part untuk engsel, quick release, serta baut dan mur untuk melipat sepeda agar saat sepeda dibuka tidak macet atau tidak terlalu longgar. Untuk dapat memperoleh komponen-komponen tersebut dengan tepat, dibiutuhkan bahan berkualitas dan tingkat ketelitian yang tinggi. Hal inilah yang akhirnya membuat harga sepeda lipat lebih tinggi dibandingkan dengan sepeda biasa.

Jadi, teliti dan cermatlah sebelum memutuskan membeli sepeda lipat. Sebab, selain harga, keamanan, keselamatan, serta kenyamanan Anda adalah hal yang utama.

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More