Cara Melakukan Peregangan Otot Tubuh Yang Benar

Cara Melakukan Peregangan Otot Tubuh Yang Benar

Melakukan aktivitas olahraga sangatlah penting untuk kesehatan tubuh anda. Tetapi yang perlu anda ketahui pentingnya olahraga bukanlah saat olahraga itu sendiri. Olahraga yang baik akan diimbangi dengan melakukan peregangan yang baik sesuai prosedur pula. Hal tersebut perlu dilakukan karena dapat meminimalisir terjadinya cedera atau luka yang tidak diinginkan saat olahraga berlangsung.

Cara Melakukan Peregangan Otot Tubuh Yang Benar

Melakukan peregangan yang benar dan sesuai prosedur akan meningkatkan kelenturan dan mengurangi cedera yang diakibatkan terjepitnya saraf tubuh. lalu apa saja yang harus dilakukan agar tidak terjadinya hal yang tidak diinginkan? Sabar ya, guys. Yuks mari kita simak secara bersama-sama

  • Latihan peregangan sebelum berolahraga

Point yang pertama ini jangan sampai kelupaan sebelum anda melakukan olahraga. sendiri bertujuan agar otot didalam tubuh melemas dan memanjang atau tidak kaku. Anda disarankan untuk melakukan hal ini dengan gerakan yang lembut, dengan cara melakukan gerakan-gerakan yang dilakukan secara perlahan dan terkendali selama kurang lebih 5 menit. Kemudian lanjutkan dengan pemanasan yang lebih intens dan spesifik sebelum memasuki latihan inti. Tujuan melakukannya gerakan ini agar melenturkan otot-otot yang tegang yang berpotensi menyebabkan cidera.

Sebaiknya dilakukan sebelum berolahraga dengan cara perlahan dengan menggerakkan satu persatu sendi-sendi tubub mulai dari yang paling bawah hingga tubuh bagian pling atas. Beberapa gerakan yang dapat anda lakukan untuk meregangkan tubuh diantaranya adalah memutar, menekuk, menarik bahkan mendorong. Setiap gerakan tersebut dapat anda lakukan selama 10 sampai 30 detik.

  • Peregangan setelah berolahraga

Agar olahraga bisa memberikan manfaat dan bukan sebaliknya, kita wajib melakukan pemanasan dahulu sesuai anjurannya. Meregangkan otot yang dilakukan setelah berolahraga bermanfaat untuk menghangatkan dan melenturkan otot-otot yang tadinya tegang serta kaku akibat melakukan berbagai gerakan selama berolahraga. Proses peregangan otot yang dilakukan setelah berolahraga sering disebut dengan istilah proses pendinginan. Proses inilah digunakan untuk menurunkan intesitas olaraga sebelum kita benar-benar berhenti agar otot tidak kaget.

  • Perhatikan cara meregangkan otot dengan benar

Meregangkan otot jika dilihat secara mata telanjang memang mudah dilakukan namun tak disangka hal ini justru akan membahayakan anda sendiri jika anda salah mengaplikasikannya. Cara yang benar adalah cara yang sama dengan petunjuk atau yang sesuai dengan prosedur. Caranya sendiri memang beragam biasanya dilakukan sesuai dengan apa yang akan anda lakukan. Misalnya anda akan melakukan olahraga lari, nah dari situlah cara meregangkan otot juga berbeda dengan olahraga lainnya seperti olahraga basket. Nama olahraganya saja sudah berbeda apalagi cara meregangkan otot dengan benar.

Baca juga artikel menarik lainnya di bolafutsal.org

Dari beberapa penjelasan diatas mengenai cara peregangan otot yang benar, anda dapat mengaplikasikannya dalam kegiatan sehari-hari. meregangkan otot sebelum olahraga memang membawa dampak yang baik pula bagi tubuh, untuk itu jangan sampai anda melupakan langkah-langkah seperti yang sudah saya jelaskan. Semoga dari penjelasan diatas anda dapat memahaminya dan bermanfaat untuk kalian semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *