Ini Dia Peraturan Terbaru dalam Permainan Olahraga Futsal

Ini Dia Peraturan Terbaru dalam Permainan Olahraga Futsal

Futsal merupakan olahraga yang sudah banyak dimainkan di banyak ajang perlombaan tingkat internasional. Walaupun mempunyai cara permainan dan juga peraturan yang hampir sama dengan sepak bola tetapi olahraga ini mempunyai beberapa aturan sendiri. Para pengurus futsal FIFA juga telah melakukan pertemuan saat gelaran Piala Futsal Eropa tahun 2018 di Slovenia dan memutuskan beberapa hal. Salah satunya adalah membuat beberapa aturan baru yang akan digunakan pada pertandingan futsal. Misalnya saja beberapa aturan terbaru dalam permainan futsal adalah:

 Ini Dia Peraturan Terbaru dalam Permainan Olahraga Futsal

  • Lemparan penjaga gawang

Penjaga gawang merupakan posisi penting pada futsal dan juga sepakbola karena bertugas untuk menghalangi masuknya bola ke gawang. Penjaga gawang tersebut mempunyai beberapa hal seperti satu-satunya pemain yang boleh menyentuh bola dengan tangan. Selain itu ia juga bisa untuk melakukan beberapa tendangan atau lemparan. Salah satunya adalah lemparan penjaga gawang yang juga ada dalam aturan futsal yang ditetapkan. Dimana dalam aturan yang baru tersebut penjaga gawang sudah tidak boleh lagi untuk melakukan lemparan yang dapat melebihi daerah pertahanan timnya sendiri. Hal tersebut berarti bahwa penjaga gawang ketika melakukan lemparan harus berada di daerah tim sendiri. 

  • 5 penendang adu penalti

Peraturan baru selanjutnya dalam olahraga futsal adalah mengatur mengenai 5 penendang yang dipasrahkan dalam adu penalti. Adu penalti sendiri akan dilakukan ketika sudah dilakukan pertandingan dan juga babak tambahan tetapi skor masih sama. Sehingga untuk mencari pemenang akan dilakukan 5 tendangan adu penalti. Dalam aturan baru ini akan mempunyai kuota lima penendang yang sebelumnya hanya ada tiga kuota penendang untuk adu penalti. 

  • Lemparan ke dalam

Aturan baru selanjutnya yang akan diterapkan dalam olahraga futsal adalah lemparan ke dalam. Lemparan jenis ini dahulu hanya bisa ditemukan dalam pertandingan sepakbola, akan tetapi sekarang ini lemparan ke dalam akan bisa ditemui pada pertandingan futsal. Aturan mengenai throw ini sudah didiskusikan pada pertemuan tersebut dan akan segera terwujud dalam pertandingan futsal. Sehingga lemparan ke dalam ini akan bisa membantu tim untuk lebih memaksimalkan pertandingan futsal yang dilakukan. 

Baca juga artikel menarik lainnya di bolafutsal.org

  • Pembatasan powerplay

Peraturan futsal selanjutnya yang bisa diperhatikan adalah dalam powerplay yang banyak dibicarakan dalam pertemuan tersebut. Dimana powerplay ini akan dilakukan perubahan dengan cara membatasi penggunaan powerplay. Apabila aturan lama bisa untuk menggunakan powerplay kapan saja baik saat tim menang ataupun kalah, untuk aturan yang baru akan menetapkan bahwa penggunaan powerplay hanya bisa digunakan ketika posisi tim sedang tertinggal. Sehingga dengan begitu nantinya powerplay hanya bisa digunakan untuk membantu tim mengejar skor dan tidak boleh dimasukkan ketika dalam posisi menang bahkan juga imbang sekalipun. Hal tersebut sudah menjadi rancangan dan akan segera diterapkan dalam aturan futsal.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *