Catatan Sejarah Timnas Indonesia Selama Piala AFF Futsal

Catatan Sejarah Timnas Indonesia Selama Piala AFF Futsal

Dunia bola merupakan salah satu olahraga yang tidak ada habisnya. Ada banyak sekali cabang olahraga permainan bola yang sering dimainkan saat turnamen seperti sepak bola, futsal dan lain-lain. Salah satu kompetisi bergengsi yang sering diikuti Indonesia dalam dunia bola adalah piala AFF futsal. Memang cabang olahraga futsal di Indonesia akhir-akhir ini sedang naik daun. Ini terbukti dari banyaknya penonton yang melihat saat pertandingan futsal berlangsung.

Catatan Sejarah Timnas Indonesia Selama Piala AFF Futsal

Piala AFF Futsal sendiri baru diadakan tahun 2001 kemarin dan sudah memiliki pamor yang cukup terkenal sebagai kompetisi bergengsi antar negara. Ada beberapa sejarah yang dicetak timnas Indonesia saat mengikuti ajang kejuaraan futsal ini. Tentunya sejarah-sejarah tersebut memberikan kebanggaan tersendiri bagi para pemain dan tentunya masyarakat Indonesia serta para pecinta futsal.

4 Sejarah Indonesia Dalam Gelaran Piala AFF Futsal

  • Satu Kali Juara

Kita pasti juga sudah tahu bawah pada gelaran piala futsal ini lawan Indonesia tidaklah mudah. Ada negara Thailand dan Vietnam yang sejak dulu selalu mendominasi dunia bola seperti sepak bola dan futsal. Untuk menghadapi lawan tersebut, Indonesia perlu berjuang dengan keras tanpa kenal menyerah. Hasil juara yang dicapai Indonesia pada tahun 2010 merupakan salah satu kebanggan yang tidak terlupakan. Mengingat tim yang dilawan bukan merupakan tim yang mudah dikalahkan. Saat itu Indonesia menang atas Malaysia dipartai Final dengan hasil 5-0. Ini tidak lepas dari kerja keras sang legenda futsal Vernard Hutabarat dengan rekan tim dan pelatih Justinus Lhaksana serta dukungan seluruh rakyat Indonesia.

  • Dua Kali Runner-Up

Sejarah dunia futsal Indonesia pada gelaran Piala AFF Futsal memang tidak secemerlang Timnas sepak bola Indonesia. Selain memang piala ini baru digelar, Indonesia juga baru dua kali menjadi runner-up. Berbeda dengan timnas sepak bola yang selalu langganan menjadi runner-up Piala AFF sepak bola. Namun ini juga prestasi yang patut kita banggakan di dunia olahraga.

  • Hanya Ada Dua Negara Juara

Mungkin kita belum begitu paham bagaimana sejarah pemenang dari piala olaharaga futsal ini. Kita perlu tahu bahwa ternyata dari gelaran piala sejak 2001 dan sudah terselenggara 13 kali, baru dua negara saja yang bisa menjadi juara yaitu Indonesia dan Thailand. Thailand menjadi langganan juara futsal yaitu sebanyak 12 kali dan Indonesia baru 1 kali.  

Baca juga artikel menarik lainnya di bolafutsal.org

  • Rekor Kemenangan Besar

Timnas futsal Indonesia menorehkan sejarah yang tidak pernah dilupakan. Bahkan ini merupakan catatan rekor kemenangan terbesar di kompetisi piala AFF futsal. Indonesia berhasil menang 29-0 melawan Laos pada tahun 2003 saat memperebutkan juara ketiga. Pada tahun 2016 lalu Indonesia juga berhasil memang cukup banyak saat melawan laos yaitu 19-1. Namun kemenangan itu tetap membuat timnas Indonesia gagal melangkah ke partai selanjutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *