Catatan Prestasi dan Fakta Mengejutkan Timnas Futsal di Piala AFF Futsal Championship

Catatan Prestasi dan Fakta Mengejutkan Timnas Futsal di Piala AFF Futsal Championship

Futsal menjadi olahraga yang cukup populer dan banyak digemari oleh masyarakat, baik itu para pria ataupun wanita. Indonesia sendiri sudah menampung banyak sekali pemain futsal handal yang sering berlaga di beberapa turnamen besar. Seperti salah satunya piala AFF futsal yang setiap tahunnya diadakan bergilir di beberapa negara. Indonesia sendiri bergabung dalam turnamen tersebut semenjak tahun 2000 atau 2001an. Dimana sampai dengan saat ini sudah banyak sekali sejarah yang dibuat oleh para timnas futsal tersebut.

 Catatan Prestasi dan Fakta Mengejutkan Timnas Futsal di Piala AFF Futsal Championship

Tahun 2018 ini ajang piala AFF akan mulai diselenggarakan lagi, tidak heran jika banyak sekali persiapan para timnas untuk bertanding di turnamen besar tersebut. Sebelum mendukung negara Anda dalam ajang tersebut, sebaiknya ketahui beberapa sejarah penting Indonesia selama mengikuti AFF sejak tahun 2001 yaitu:

  • Sekali menjadi juara.

AFF memang pertama kalinya digelar pada tahun 2001, Indonesia sendiri merupakan salah satu negara uang cukup aktif dalam turnamen tersebut. Tetapi selama mengikuti pertandingan sampai dengan saat ini, Indonesia baru merasakan kemenangan satu kali. Ya, pada tahun 2010 pada waktu itu berhasil mengalahkan Malaysia dalam final skor 5-0.

  • Dua kali runner up.

Sepak bola merupakan salah satu cabang olahraga yang cukup sering masuk dalam runner up selama ajang AFF. Tetapi untuk cabang olahraga futsal dari Indonesia sendiri baru merasakan menjadi runner up 2 kali. Meskipun begitu tetap perlu menjadi kebanggaan, tepatnya pada tahun 2006 dan 2007 Indonesia menjadi juara kedua.

  • Thailand dan Indonesia yang menjadi juara.

Turnamen piala AFF futsal itu diikuti oleh banyak negara seperti Indonesia, Malaysia, Thailand, Vietnam sampai dengan Australia. Tetapi sejak pertama kali dilakukan sampai dengan saat ini. Thailand dan Indonesialah yang menjadi pemenang. Ya, meskipun Indonesia hanya menang satu kali, berbeda dengan negara lainnya yang hanya menjadi runner up atau juara 3.

  • Pernah memenangkan 29-0.

Rekor terbaik Indonesia dalam pertandingan futsal pernah dicatat selama sejarah berlangsung yang berhasil memasukkan gol ke lawan sampai dengan 29 kali. Ya, pada waktu itu pertandingan antara Laos. Meskipun pada akhirnya tidak bisa membuat Indonesia masuk dalam semi final pula. 

Baca juga artikel menarik lainnya di bolafutsal.org

Itulah beberapa prestasi atau catatan sejarah dari timnas futsal Indonesia yang tentu sampai dengan saat ini masih membutuhkan dukungan dari semua masyarakat Indonesia. Apalagi tahun ini akan mulai diselenggarakan kembali piala AFF futsal dengan menghadirkan beberapa negara. Berar harapan masyarakat dan pendukung lainnya untuk tim Indonesia yang akan melakukan pertandingan. Meskipun dengan doa keras tanpa usaha yang baik tentu tidak akan memberikan hasil maksimal, makanya tetap perlu latihan secara rutin. Itulah sedikit info, semoga dapat bermanfaat untuk Anda semuanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *