Mengulas Ukuran dan Syarat Lapang Futsal Standar untuk Permainan

Mengulas Ukuran dan Syarat Lapang Futsal Standar untuk Permainan

Futsal olahraga permainan bola yang memang secara khusus kini banyak dilakukan oleh para anak mudah di Indonesia. Olahraga yang satu ini selain mampu meningkatkan kebugaran tubuh para pelakunya juga dapat dijadikan sebagai ajang sosialisasi dengan teman lainnya, karena memang olahraga yang satu ini banyak dilakukan dengan cara berkelompok. Bagi Anda yang tergolong sebagai seorang pemula dalam olahraga yang satu ini, selain mempersiapkan berbagai perlengkapan utama untuk melakukan olahraga tersebut, Anda pun harus mengenal berbagai hal yang terkait dalam olahraga tersebut, salah satunya adalah lapang futsal, yang digunakan sebagai tempat untuk melakukan olahraga permainan bola tersebut.

Mengulas Ukuran dan Syarat Lapang Futsal Standar untuk Permainan

Lapangan khusus untuk melakukan permainan bola futsal, biasanya merupakan bentuk ruang tertutup yang didesain sedemikian rupa, sehingga terbentuk menjadi lapangan dengan ukuran standar untuk melakukan permainan bola futsal ini. Lapangan khusus yang digunakan untuk melakukan permainan bola futsal ini, biasanya banyak disebut dengan futsal stadium. Biasanya lapangan ini akan banyak disediakan oleh para pengelola bisnis olahraga futsal, dan kini banyak tersedia diberbagai wilayah di Indonesia. Sistem penggunaan lapangan ini sendiri, biasanya akan banyak disediakan dengan sistem sewa dalam hitungan per jam sewa. 

Untuk ketentuan dan ukuran dari lapang futsal ini, biasanya akan digunakan ukuran standar yang memang menjadi syarat wajib dalam pembuatan lapangan tersebut. Adapun ukuran dan syarat untuk lapangan tersebut, antara lain adalah:

  • Untuk ukuran panjang lapangan khusus futsal biasanya akan banyak digunakan ukuran panjang mulai dari 25 hingga 43 meter, sedangkan untuk ukuran lebar lapangan akan banyak digunakan ukuran sebesar 15 hingga 25 meter.
  • Ukuran garis tengah dari lingkaran yang berada ditengah lapangan, akan digunakan ukuran sebesar 3 meter didalamnya.
  • Lapangan untuk futsal harus memiliki permukaan yang datar dan tidak licin, oleh karenanya para pengelola lapangan ini, banyak menggunakan rumput sintetis untuk membuat permukaan lapangan tidak licin dan datar.

Syarat lain yang menjadi ketentuan dalam ukuran lapangan khusus untuk futsal ini adalah ukuran titik pinalti dari depan gawang. Untuk ukuran titik pinalti pertama, jarak sepanjang 6 meter, biasanya akan digunakan, sedangkan untuk pinalti kedua jarak sepanjang 10 meter akan digunakan. Ukuran jarak pinalti ini akan ditarik lurus dari titik gawang pada permainan futsal tersebut.

Baca juga: Kenali Jenis Lapang Futsal Berdasarkan Materialnya

Selain ukuran lapangan , ukuran dari gawang menjadi syarat standar pada sebuah lapang futsal. Ukuran gawang pada olahraga futsal sendiri memang akan lebih kecil dan pendek dari ukuran gawang pada permainan sepak bola. Ukuran tinggi 2 meter dengan lebar 3 meter merupakan ukuran standar dari gawang pada permainan olahraga futsal ini. Bagi Anda yang memang ingin melakukan olahraga futsal, akan lebih disarankan bagi Anda untuk menggunakan lapangan dengan sistem sewa, sehingga biaya yang diperlukan dapat Anda bagi bersama dengan rekan-rekan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *