Beberapa Teknik yang Wajib Dikuasai Pada Freestyle Futsal

Beberapa Teknik yang Wajib Dikuasai Pada Freestyle Futsal

Permainan sepak bola memang sangat digandrungi banyak kalangan dari yang muda sampai dewasa. Apalagi saat mulai ada sebuah kerjuaraan dunia, maka seluruh kalangan masyarakat akan berbondong-bondong mendukung tim kesayangan mereka. Selain itu untuk menyalurkan hobi bolanya, banyak juga yang lebih memiliki untuk bermain futsal dan juga freestyle futsal. Biasanya karena keterbatasan lapangan dan juga fisik yang tidak sekuat para pemain sepak bola profesional. Sehingga futsal menjadi alternatif yang tak kalah mengasikkan.

Beberapa Teknik yang Wajib Dikuasai Pada Freestyle Futsal

Apalagi saat ini freestyle futsal juga terlihat sedang naik daun. Banyak sekali anak muda yang mulai mempelajari freestyle ini. Memang freestyle sangat erat kaitannya dengan seni mengolah bola. Sehingga diperlukan latihan rutin dan disiplin untuk dapat menguasai teknik-tekniknya.

Teknik Dasar Freestyle Futsal

Ada beberapa teknik dasar yang bisa kita pelajari jika tertarik untuk menekuni freestyle ini. Tentunya agar dapat kita praktekkan dengan baik, kita perlu disiplin selama proses berlatih. Teknik dasar ini sangat sering digunakan oleh para penggiat freestyle. Berikut ini beberapa teknik tersebut :

Ground Move

Mungkin teknik dasar yang pertama ini sudah tidak asing lagi ditelinga kita. Teknik ini merupakan teknik sepak bola yang digunakan untuk mengehindari lawan dengan cara menggerakkan kaki secara acak disekitar bola. Sehingga lawan akan kebingungan dan akan lolos dari pengawalan. Teknik ini juga berupa kontrol bola yang cepat saat menggiring atau juga saat bermain-main dengan bola tanpa meninggalkan tanah. Untuk teknik dasar Ground Move ini kita sangat mengandalkan kecepatan kaki kita dalam melangkahi bola secara bergantian ke arah dalam dan keluar.

Juggling

Tentunya mendengar kata-kata Juggling sudah sangat familiar ditelinga para pecinta sepak bola. Banyak komentator sepak bola yang sering menggunakan istilah ini saat pertandingan berlangsung dan seorang pemain mengontrol bola sambil mempermainkannya. Sebenarnya ini merupakan salah satu bibit lahirnya gerakan freestyle futsal.Salah satu pencetusnya adalah Maradona, seorang legenda sepak bola dunia yang pada akhirnya juggling menjadi sebuah hiburan tersendiri bagi para penonton. Seorang freestyle harus bisa dengan baik menguasai teknik juggling ini. Karena ini berkaitan dengan bagaimana menjaga bola agar tetap melekat pada tubuh kita dengan berbagai gerakan yang aktraktif. Kita harus memiliki stamina yang baik, kecepatan dan juga konsentrasi yang tinggi.

Baca juga: Inilah Beberapa Pemain Futsal Terbaik di Indonesia

Balancing

Teknik dasar yang perlu kita kuasai jika ingin menjadi seorang freestyler adalah balancing. Teknik ini bisa dibilang tidak memiliki tingkat kerumitan dan kecepatan yang tinggi. Namun memerlukan konsentrasi, keseimbangan dan juga kolaborasi antar anggota tubuh. Teknik ini berusaha menahan bola berada di anggota tubuh selama mungkin tanpa terjatuh. Bola bisa berada di paha, punggung, atau juga kepala.

Nah itulah beberapa teknik dasar freestyle futsal yang bisa kita pelajari sendiri di rumah. Tentunya kita harus disiplin dalam berlatih jika ingin menjadi seorang freestyler yang handal dan terkenal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *