Tips Futsal Ringan untuk para Pemula

Tips Futsal Ringan untuk para Pemula

Futsal merupakan olahraga permainan bola, yang memang identik dan memiliki kemiripan dengan olahraga sepakbola, sehingga sangatlah wajar jika para penggemar sepak bola pun pastinya akan menggemari untuk melakukan olahraga yang satu ini. Jika olahraga sepak bola memiliki arena di lapangan terbuka, maka lain halnya dengan olahraga futsal ini dimana stadium indoor menjadi arena permainannya. Jumlah pemain pun akan lebih sedikit dibanding dengan permainan sepak bola, dimana hal tersebut memang lebih disebabkan karena ukuran lapangan yang digunakan akan lebih sempit. Bagi Anda yang penasaran dengan olahraga ini, berikut ini bahasan dan tips futsal bagi Anda yang tergolong sebagai seorang pemula.

 Tips Futsal Ringan untuk para Pemula

Olahraga yang dimainkan oleh dua tim, dimana satu tim beranggotakan 5 orang ini, secara umum akan memiliki peraturan yang hampir sama dengan permainan olahraga sepakbola. Bagi Anda yang memang ingin melakukan permainan futsal ini, hal pertama yang mungkin harus Anda lakukan adalah membuat kelompok tersendiri untuk melakukan olahraga tersebut, dengan minimal anggota 10 orang, agar permainan dapat dilakukan oleh 2 tim secara berhadap-hadapan. Menemukan stadium futsal terbaik merupakan hal lain yang harus Anda lakukan untuk dapat melakukan permainan futsal dengan lebih optimal. 

Tips futsal lain, yang harus Anda dan tim lakukan sebelum melakukan olahraga permainan bola yang satu ini, antara lain adalah:

  • Melakukan pemanasan sebelum melakukan olahraga futsal, hal ini wajib untuk Anda lakukan agar nantinya tidak terjadi peregangan pada berbagai bagian otot tubuh Anda.
  • Memahami teknik dan pemahaman penguasaan bola, agar nantinya dalam melakukan permainan futsal tidak ragu untuk menguasai bola dalam permainan.
  • Teknik mengumpan bola pun perlu dipahami oleh para pemain, karena teknik pengumpanan ini akan menjadi penentu utama kekompakan permainan dalam satu tim.
  • Teknik shooting ataupun menendang bola, sebaiknya juga dikuasai, agar nantinya selain dapat menendang bola dengan keras, tendangan tersebut dapat sesuai sasaran.

Selain berbagai teknik permainan yang perlu dipelajari dengan seksama oleh setiap pemain dan juga dalam oleh seluruh anggota tim permainan adalah tempo dalam melakukan permainan futsal ini. Tempo dan ritme permainan dalam satu tim, akan menentukan teknik permainan yang tepat bagi setiap pemain yang terlibat dalam satu tim. Dengan tempo permainan yang tepatlah, permainan dapat berjalan dengan baik, tanpa rasa lelah yang berlebihan bagi para pemain yang terlibat didalamnya.

 Baca juga artikel menarik lainnya di bolafutsal.org

Tips futsal lain yang harus diperhatikan oleh setiap para pemain adalah memperhatikan waktu istirahat bagi Anda. Untuk para pemula akan lebih disarankan bagi Anda untuk beristirahat dan meminta pergantian pemain, apabila Anda merasa kelelahan. Minumlah banyak air putih untuk mengembalikan cairan dalam tubuh Anda. Jangan memaksakan untuk melakukan olahraga ini jika Anda telah merasa lelah, karena hal tersebut justru akan berdampak tidak baik bagi kesehatan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *