Peraturan Tim Futsal yang Perlu Dipahami Sebelum Bertanding

Peraturan Tim Futsal yang Perlu Dipahami Sebelum Bertanding

Futsal merupakan olahraga permainan yang bisa dikatakan paling populer saat ini. Karena sepakbola yang merupakan induk dari permainan ini memerlukan jumlah pemain yang cukup banyak serta lapangan yang besar, futsal berhasil mengambil alih menjadi olahraga permainan yang lebih sering dilakukan oleh masyarakat. Jumlah anggota tim futsal yang hanya 5 orang dan kebutuhan lapangan yang tak terlalu besar membuat futsal lebih mudah dimainkan kapan saja. 

Peraturan Tim Futsal yang Perlu Dipahami Sebelum Bertanding

Meski berasal dari sepak bola, namun bagi pemain futsal yang akan bertanding, perlu memperhatikan peraturan main yang berbeda dengan sepak bola. Dengan durasi pertandingan yang lebih sedikit yaitu 2 x 20 menit, peraturan permainan ini juga menjadi lebih sederhana namun tetap mengikat. Bagi Anda yang familiar dengan sepakbola, ada baiknya mengerti terlebih dahulu peraturan permainan futsal agar bisa bermain dengan baik dan tidak mengakibatkan kerancuan dalam permainan. Berikut ini adalah peraturan permainan futsal yang wajib di pahami para pemain sebelum bertanding.

Jumlah pemain.

Futsal memiliki tim dengan anggota maksimal 5 orang termasuk penjaga gawang. Permainan tak boleh dimulai jika pemain tim belum berada di lapangan dengan jumlah minimal 3 orang. Jumlah pemain cadangan sendiri untuk kejuaraan resmi maksimal adalah 9 orang dengan jumlah pergantian pemain tidak terbatas.

Saat pergantian pemain.

Nama pemain yang mengikuti pertandingan harus diinformasikan kepada wasit sebelum dimulainya pertandingan. Pergantian pemain bisa dilakukan kapan saja baik saat bola ada dalam lapangan maupun saat bola meninggalkan lapangan. Pemain pengganti baru boleh masuk lapangan saat pemain yang digantikan sudah meninggalkan lapangan. Pada peraturan tim futsal pemain yang sudah tergantikan bisa kembali bermain untuk menggantikan pemain lainnya tanpa batasan frekuensi.

Pelanggaran.

Jika terjadi pelanggaran, wasit dapat langsung menghentikan permainan dan memberikan peringatan atau sangsi kepada pemain. Untuk pelanggaran berat, wasit dapat memerintahkan pergantian pemain dan meminta pemain yang bersangkutan keluar dari lapangan. Permainan bisa kembali dilakukan saat semua sudah siap dan dimulai dengan tendangan bebas tak langsung bagi tim lawan.

Baca juga: 16 Tim Futsal Dalam Pro Futsal League 2018

Namun bagi mereka yang hanya melakukan pertandingan futsal untuk bersenang-senang, peraturan bisa lebih fleksibel sesuai dengan kesepakatan antar tim. Yang paling penting adalah adanya komunikasi di awal sehingga kedua tim memiliki kesepakatan mengenai peraturan yang sama untuk menetapkan cara memperoleh pemenang. 

Pertandingan futsal kini bukan hanya sebatas untuk permainan masyarakat dalam rangka olahraga ataupun hiburan semata karena FIFA sudah mulai menerima futsal sebagai salah satu cabang olahraga yang dibawahi. Peraturan yang tertulis dan lebih kompleks mengenai pertandingan profesional serta tata cara tim futsal bermain juga telah dibuat sebagai dasar menjalankan pertandingan secara profesional dalam standar internasional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *