Perbedaan Sepak Bola dan Permainan Bola Futsal

Jika ditanyakan permainan olahraga apa yang paling banyak digemari di dunia maka sebagian besar akan langsung menjawab dengan sepak bola. Sepak bola memang menjadi permainan olahraga yang memiliki penggemar dalam jumlah banyak. Bahkan bisa dikatakan dalam satu negara, hampir dipastikan sepakbola menjadi olahraga paling favorit untuk dilihat. Meski begitu pada kenyataannya, bukan sepak bola yang lebih sering dilakukan oleh para penggemar bola. Hal ini dikarenakan minimnya lapangan sepakbola yang bisa digunakan dan terlalu banyaknya orang yang harus terlibat dalam pertandingan ini. Dengan sebab-sebab tersebut kemudian muncullah jenis permainan olahraga baru sebagai alternatif lain yaitu permainan bola futsal.

 Perbedaan Sepak Bola dan Permainan Bola Futsal

Permainan futsal memang diciptakan sebagai jawaban akan rindungan penggemar bola untuk bisa bermain sepakbola dengan cara yang lebih mudah. Sama-sama menggunakan bola kaki dan dilakukan dengan 2 buah tim yang saling beradu, futsal menjadi solusi permainan olahraga yang menyenangkan sekaligus menyehatkan. Meski dilakukan dengan cara yang mirip dengan sepakbola, namun ada perbedaan yang signifikan diantara keduanya. Berikut ini adalah beberapa perbedaan tersebut yang perlu Anda ketahui dan pahami sebelum bermain permainan futsal.

  •  Lapangan.

Lapangan yang digunakan untuk futsal dan sepakbola memiliki perbedaan dalam segi ukuran serta lahannya. Untuk futsal, ukuran lapangan jauh lebih kecil daripada sepakbola sehingga bisa dilakukan di perkampungan penduduk. Sedangkan dalam segi media atau lahan, lapangan sepakbola haruslah memiliki alas berupa tanah dan rumput asli sedangkan untuk permainan futsal dapat dilakukan di rumput sintetis berupa karpet di atas lantai ataupun beton. Untuk jenis lapangan futsal sendiri bisa dilakukan di dalam maupun luar ruangan.

  • Jumlah pemain.

Jumlah pemain sepakbola adalah 11 pemain termasuk kiper di dalamnya. Sedangkan pemain futsal adalah 5 orang dalam satu tim termasuk kiper. Jumlah pemain tersebut belum termasuk pemain cadangan yang biasanya dimiliki untuk kejadian tertentu.

  • Bola.

Meski terlihat sama, namun bola futsal memiliki ukuran yang lebih kecil yaitu hanya memiliki keliling 62 – 64cm. Selain itu beratnya lebih ringan sehingga pantulan yang terjadi juga tak sejauh bola yang digunakan dalam sepakbola.

  • Durasi pertandingan.

Jika sepakbola dilakukan selama 90 menit yang terbagi menjadi 2 babak masing-masing 45 menit, pertandingan futsal memiliki durasi yang lebih pendek yaitu 40 menit yang terbagi menjadi 2 x 20menit.

 Jangan lupa baca dan simak juga artikel menarik lainnya di bolafutsal.org

Selain perbedaan di atas, permainan bola futsal juga memiliki perbedaan dalam segi peraturan daripada sepakbola. Dapat dikatakan permainan futsal memiliki peraturan yang lebih leluasa dibandingkan sepakbola meski tetap harus ditaati untuk kelancaran dan sportifitas saat bermain. Futsal lebih ditujukan untuk bermain dan bersenang-senang sehingga memiliki aturan dan kebutuhan perlengkapan yang lebih mudah dilakukan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *