Cara Tepat Memilih Bola Futsal Berkualitas

Cara Tepat Memilih Bola Futsal Berkualitas

Futsal adalah salah satu jenis permainan yang popluler di seluruh dunia termasuk juga indonesia. Permainan yang bisa dimainkan dengan 5 orang untuk satu tim ini memang menjadi favorit karena bisa dilakukan untuk melepas stress dan berolahraga yang menyenangkan. Umumnya permainan ini dilaksanakan di arena indoor tetapi memilih bola futsal yang tepat merupakan langkah yang tidak boleh dilewatkan sebelum bermain.

Cara Tepat Memilih Bola Futsal Berkualitas

Banyak brand bola futsal terkenal yang ada dipasaran, namun bola yang original tentu sudah memiliki aturan yang standard mulai dari bahan sampai pada ukuran. Untuk memudahkan dalam pemilihan bola yang berkualitas maka sebaiknya simak beberapa cara tepat berikut ini:

Bahan dan ukuran

Biasanya pada bola futsal telah tertera 2 jenis yaitu approved dan inspected, nah kalian bisa memilih yang approved karena biasanya pertandingan resmi biasa menggunakan bola jenis ini yang memang telah memiliki standardnya. Untuk bahan yang biasa digunakan adalah dari kulit ataupun bahan lain yang tidak akan berbahaya. Bola dengan bahan sintetis biasanya akan lebih mudah untuk ditemukan dan memiliki kualitas yang tidak berbeda jauh dengan yang terbuat dari kulit asli. Sedangkan untuk ukuran standard yang dimiliki adalah ukuran 4 dan memiliki berat antara 0,40 sampai 0,44 kg sedangkan kelilingnya adlaah 62-64cm.

Permukaan

Permukaan bola merupakan bagian penting yang juga harus diperhatikan, biasanya terdapat beberapa jenis yaitu PU, PVC, dan Karet. Ketiganya memiliki keunggulan masing-masing seperti yang dilapisi PVC ia akan awet dan memiliki berat yang lebih ringan. Untuk PU memiliki keunggulan pada kualitas dan tahan padas pajanan air serta bisa bertahan lama, sedangkan karet akan sanat cocok digunakan sebagai bola latihan.

Kekerasan permukaan

Kekerasan permukaan bola futsal akan sangat memiliki pengaruh terhadap kenyamanan penggunaan. Bola yang dibuat dengan teknik jahit akan memiliki permukaan yang lebih empuk yang membuatnya tidak akan sakit bila terkena badan serta mudah untuk dikendalikan.

Baca juga: Macam-macam Merek Bola futsal Terbaik yang Dijual di Pasaran

Pantulan bola

Pada saat bermain futsal tentu daya pantul akan menentukan bagi keberhasila permainan untuk itu pilihlah yang memiliki daya pantul mencapai 30-40 m. Standard itu dipercaya bisa mengukur akurasi umpan serta tembakan dan akan mudah untuk dikontrol oleh pemaainnya.

Pentil bola

Meskipun terdengar sepele namun jangan pernah melewatkan untuk mengecek kondisi pentil, meskipun membeli bola baru bukan berarti kalian akan mendapatkan bola yang sempurna jadi tetaplah berhati-hati dalam memilih. Pastikan pentil ada dalam keadaan normal dan juga tepat.

Demikan tadi beberapa cara tepat yang bisa diterapkan dalam memilih bola futsal yang berkualitas, pahami terlebih dahulu standard agar kalian bisa lebih gampang dalam menentukan. Tidak mau kan mendapatkan bola yang tidak berkualitas dan tidak awet jadi selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *