Beberapa Perlengkapan Futsal Yang Dibutuhkan Oleh Para Pemain Futsal

Beberapa Perlengkapan Futsal Yang Dibutuhkan Oleh Para Pemain Futsal

Futsal merupakan cabang dari olahraga sepakbola yang dimainkan oleh lima orang pemain versus lima orang pemain. Dengan jumlah pemain tersebut tentu saja lapangan pertandingan dari futsal sendiri juga semakin kecil. Lapangan futsal ini memiliki panjang lapangan 38 sampai dengan 42 m untuk pertandingan berkelas Internasional. Sementara lebarnya untuk kelas pertandingan Internasional adalah berukuran 18 sampai dengan 25 m. Selain lapangan futsal, untuk bermain futsal sendiri akan dibutuhkan beberapa perlengkapan futsal sehingga akan lebih memberikan kenyamanan dan keamanan pemain saat bermain olahraga futsal ini.

Beberapa Perlengkapan Futsal Yang Dibutuhkan Oleh Para Pemain Futsal

Berikut adalah beberapa perlengkapan futsal yang dibutuhkan oleh setiap pemain futsal. Untuk dapat bermain futsal, para pemain futsal yang paling utama adalah membutuhkan sepatu futsal. Sepatu futsal ini juga memiliki beberapa jenis dan juga model serta harga yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan para pemain futsal. Setelah sepatu futsal, perlengkapan yang dibutuhkan berikutnya adalah berupa kaos kaki dengan ukuran panjang maupun pendek sesuai keinginan. Tapi untuk kelas pertandingan, para pemain akan membutuhkan kaos kaki dengan ukuran panjang. Hal ini dikarenakan untuk dapat menempatkan pelindung betis dalam kaos kaki panjang tersebut.

Baca juga: Perlengkapan Futsal Untuk Pelatih dan Pemain Futsal

Setelah sepatu dan kaos kaki, para pemain futsal juga membutuhkan kostum dari kostum atas atau bawah dengan bahan yang nyaman saat digunakan untuk bermain futsal. Biasanya, para pemain futsal akan menggunakan kostum dengan bahan yang sama dengan bahan yang digunakan untuk membuat kostum para pemain sepakbola. Perlengkapan berikutnya tentu saja adalah bola. Bola yang digunakan oleh para pemain futsal memiliki ukuran dan elastisitas yang berbeda jika dibandingkan dengan bola yang digunakan dalam olahraga sepakbola. Bola futsal memiliki ukuran yang lebih kecil dengan tekstur yang lebih keras, sehingga saat digunakan tidak begitu elastis.

Perlengkapan futsal berikutnya adalah perlengkapan-perlengkapan penunjang dan aksesoris yang digunakan oleh para pemain futsal untuk kebutuhan berpenampilan. Dalam olahraga futsal, ukuran gawang yang digunakan di dalam lapangan pun juga memiliki ukuran yang berbeda jika dibandingkan dengan ukuran gawang yang digunakan dalam olahraga sepakbola. Gawang yang digunakan dalam olahraga futsal memiliki ukuran sebesar lebar 3 meter dan tinggi 2 meter. Sementara itu, jala gawang yang digunakan adalah berbahan dasar nilon ataupun juga menggunakan bahan lainnya. Dalam permainan futsal pun juga dibutuhkan dua orang wasit yang berada di pinggir lapangan.

Berbeda dengan sepakbola, dalam olahraga futsal, tidak menggunakan wasit di dalam lapangan karena memang ukuran lapangan yang lebih kecil. Peraturan yang digunakan dalam dunia olahraga futsal pun juga berbeda dari peraturan yang digunakan dalam olahraga sepakbola. Futsal sendiri pada saat ini sudah dipertandingkan secara resmi di kancah dunia dan diakui sebagai salah satu cabang olahraga di bawah payung FIFA.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *