Ukuran Lapangan Futsal Standar Internasional

Ukuran Lapangan Futsal Standar Internasional

Futsal merupakan cabang olahraga yang memiliki aturan baku. Salah satunya pada ukuran lapangan yang digunakan. Khususnya pada perhelatan kejuaraan futsal tingkat dunia, lapangan yang digunakan harus memenuhi ukuran-ukuran standar yang telah ditetapkan. Berikut ini adalah informasi mengenai ukuran lapangan futsal menurut standar internasional.

Ukuran Lapangan Futsal Standar Internasional

Ukuran Lapangan dan Tanda Lapangan

Lapangan futsal untuk pertandingan futsal tingkat internasional memiliki panjang 38 – 42 m dan lebar 18 – 25 meter, dengan ketetapan tanda lapangan sebagai berikut:

  • Lapangan ditandai dengan garis pembatas yang terletak di samping (touch line) dan di sepanjang garis gawang (goal line).
  • Garis memiliki lebar 8 cm.
  • Lapangan terbagi menjadi dua bagian dan ditengahnya diberi lingkaran dengan jari-jari 3 m.

Area Penalty

Merupakan darah di depan gawang dengan garis membentuk setengah lingkaran dengan ketentuan sebagai berikut:

  • Membuat dua buah garis membentuk seperempat lingkaran dengan jari-jari 6 meter di lapangan dengan tiang gawang sebagai titik pusatnya.
  • Setiap ujung garis seperempat lingkaran tersebut menempel pada garis gawang (goal line). Kedua ujung lainnya yang berada di depan gawang dihubungkan dengan garis sepanjang 3,16 meter tepat sejajar dengan garis gawang.

Titik Penalty

Ada dua posisi penalty dalam lapangan futsal, yang pertama berjarak 6 meter dari titik tengah lapangan dengan posisi tepat berada di tengah antara kedua tiang dan yang satunya lagi berjarak 10 meter dari titik tengah lapangan dengan posisi yang juga tepat berada di antara kedua tiang gawang.

Daerah Tendangan Sudut

Dibuat 4 buah tempat untuk melakukan tendangan sudut yang ditandai dengan garis seperempat lingkaran berjari-jari 25 cm.

Daerah Bebas

Daerah bebas letaknya berada di lima meter dari sekeliling garis tengah lapangan. Area ini haruslah bebas pandang ke lapangan. Karena di sisi luarnya terdapat meja wasit ketiga dan petugas pencatat waktu pertandingan. Minimal jarak meja dengan garis samping tersebut adalah 2 meter.

Daerah Pergantian Pemain

Setelah 5 meter dari garis area bebas, maka ada daerah untuk pergantian pemain. Tandanya dapat dilihat dengan adanya garis yang memotong garis samping (touch line). Garis ini memiliki lebar 8 cm dan panjang 80 cm.

Baca juga: 4 Tips Berikut Bantu Temukan Lapangan Futsal yang Ideal

Gawang

Gawang lapangan futsal memiliki lebar 3 m dan tinggi 2 m yang diukur dari tiang bagian dalam. Bentuk tiang yang diperbolehkan yaitu kotak dan lingkaran. Namun lingkaran relatif lebih aman sehingga bentuk ini lebih dianjurkan. Jaring nilon diikatkan ke tiang gawang dengan kedalam bagian atas 80 cm dan bagian bawah 100 cm.

Permukaan Lapangan

Untuk menjaga keselamatan dan kelancaran pertandingan, lapangan futsal disarankan menggunakan permukaan dari kayu/parkit. Dan sangat tidak disarankan untuk menggunakan bahan-bahan keras seperti beton dan paving stone karena akan lebih mudah menciderai pemain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *