Menulusuri Akar Kehebatan Timnas Sepakbola Jerman Melalui Joachim Loew

Menulusuri Akar Kehebatan Timnas Sepakbola Jerman Melalui Joachim Loew

Di olahraga sepakbola, selama lima tahun terakhir timnas Jerman berhasil menunjukan kualitas dan kedigdayaannya dengan menjuarai berbagai kompetisi bergengsi. Yang terbaru, Jerman berhasil menjuarai Piala Konfederasi FIFA 2017 di Rusia. Padahal, mayoritas pemain yang diturunkan saat itu merupakan pemain-pemain muda yang minim caps. Tidak ada nama-nama beken seperti Mesut Oezil, Manuel Neuer, Marco Reus, Toni Kroos, ataupun Thomas Mueller. Luar biasa memang, nah berikut ini akan kita ulas mengenai akar kehebatan Jerman lewat Joachim Loew.

Menulusuri Akar Kehebatan Timnas Sepakbola Jerman Melalui Joachim Loew

Sepakbola Jerman Sudah Menjadi yang Terbaik Sejak Dahulu

Jerman pernah melakukan revolusi pada tahun 2000. Setelah itu, banyak media yang mem-blow-up tentang berbagai keberhasilan Jerman di segala bidang, termasuk sepak bola. Namun, sepertinya hal ini terlalu dibesar-besarkan. Karena, sebelum era 2000, ketika masih menggunakan nama Jerman Barat, tim ini memang sudah menjadi tim yang kuat dan sering menjuarai kompetisi tingkat dunia.

Memang, saat itu timnas Jerman menjadi juru kunci grup di Piala Eropa 2000. Namun sebelum tahun tersebut, jerman sudah mengoleksi cukup banyak trofi-trofi bergengsi. Jerman tercatat lolos hingga 6 kali di final Piala Dunia. Jadi kehebatan Jerman sudah dikenal sejak lama sebelum revolusi.

Di Piala Eropa, prestasi timnas Jerman juga cukup mentereng. Mereka berhasil meraih tiga trofi juara dari enam final yang dijalani. Jadi total, mereka sudah berhasil meraih 3 trofi Piala Dunia dan 3 trofi Piala Eropa pada era sebelum tahun 2000. Sementara pada 18 tahun ke belakang (2000 – 2018) prestasinya ‘hanya’ satu kali juara Piala Dunia, satu kali runner up Piala Dunia, dan satu kali runner up Piala Eropa.

Etos Kerja Orang Jerman Sangat Luar Biasa

Etos kerja yang dimiliki oleh orang Jerman memang luar biasa tinggi. Loyalitas Joachim Loew dalam melatih timnas Jerman sudah memberikan cukup banyak prestasi dengan selalu melahirkan pemain mudah berbakat di setiap generasinya. Pria yang lahir pada 3 Februari 1960 ini tercatat menjadi pelatih tersukses Jerman dan sudah mencatatkan lebih dari 100 kemenangan bersama anak asuhnya. Semua pemain menghormati Loew, meskipun dahulu ia pernah gagal dan sering dipecat ketika masih aktif bermain.

Baca juga: Sejarah Kostum Timnas Indonesia dalam Berbagai Pertandingan

Totalitas Loew di dunia sepakbola juga ditunjukan dengan kemampuannya beradaptasi dengan sepakbola modern, baik dari segi strategi maupun non-teknis. Di luar lapangan, ia sudah mempekerjakan ahli nutrisi dan ahli psikologi untuk para pemain timnas Jerman. Hal ini tentu saja tidak dilakukan oleh seluruh pelatih timnas di dunia. Namun Loew melakukannya karena ia ingin para pemainnya tidak hanya hebat dari segi teknikal, tetapi juga kuat dalam mentalitas agar selalu memiliki motivasi untuk bekerja keras dan melakukan yang terbaik.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *