Tips Memilih serta Merawat Bola Volly Mikasa

Tips Memilih serta Merawat Bola Volly Mikasa

Bola volly salah satu cabang olahraga yang sangat banyak penggemarnya dari mulai anak-anak sampai orang dewasa sudah mengenal olahraga khususnya di tanah air, bahkan dari  tingkat sekolah dasar sudah dikenalkan dan mudah untuk dimainkan. Permainan membutuhkan dua tim untuk bisa memainkannya.

Tips Memilih serta Merawat Bola Volly Mikasa

Sedangkan untuk perlengkapan dalam bola volly ialah lapangan, bola dan net sebagai pembatas antara tim satu dengan lawannya. Sedangkan untuk bola yang sering digunakan dan sudah familiar di masyarakat ialah Mikasa yang memiliki kualitas terbaik dan tentunya sangat awet jika anda rawat dengan baik setelah anda bermain.

Dengan perawatan yang baik akan menambah umur dari bola tersebut, bagi anda yang belum memahami cara merawatnya kami akan memberikan tips mduah merawat bola volly, simak berikut ini:

  1. Setelah anda gunakan untuk bermain tentunya bola menjadi kotor langkah yang harus anda lakukan ialah membersihkan bagian permukaan dengan air dan kain lap, jika yang menempel lumpur yang tebal maka anda bisa menggunakan sikat untuk menggosoknya kemudia lap sampai bersih dan keringkan. Saran kami saat mengeringkan jangan dijemur karena akan merusak kulit dan jangan direndam dalam waktu yang lama nanti akan merusak performa bola.
  2. Ketika anda sudah tidak menggunakannya sebaiknya anda simpan dalam kondisi bersih dimasukkan dalam jaring dan gantung tempat yang kering, jauhi tempat yang lembat atau panas serta jangan menaruh bola dilantai karena suhu lantai akan membuat bola berubah tekanan anginnya yang akan berpengaruh pada performa bola tersebut.
  3. Pada saat anda simpan sebaiknya sering anda cek kondisi tekanan angin jika berkuran sebaiknya anda tambahi menggunakan pompa sepeda manual untuk menjaga bagian dalam dari bola volly anda.
  4. Hati-hati dalam merawat dan menggunakan bola karena rawan bocor jika terkena benda tajam. Namun sejumlah toko yang menjual perlengkapan olahraga telah menyediakn untuk servis bola yang bocor dan beragai masalah pada bola kesayangan anda. Setelah diservis bola tersebut biasanya menurun performanya tidak 100% lagi.

Selanjutnya memilih bola yang berualitas memang bukan hal mudah apalagi anda yang masih awam tentunya harus memiliki panduan yang tepat dan benar dalam memilihnya kami akan memberikan tips memilih bola volly yang berkualitas, diantaranya sebagai berikut:

Kualitas kulit bola

Langkah pertama yang ahrus anda lakukan ialah memilih jensi dari kulit bola yang kencang dan tidak memiliki keriput, untuk kulit bola dengan kualitas terbaik menggunakan bahan kulit yang tebal akan tetapi tidak keras justru empuk dan kuat. Sedangkan untuk bahan yang KW biasanya menggunakan bahan dari semi plastik yang mudah sekali rusak saat bola terbentur dengan beda tajam.

Pantulan bola

Kualitas boa tidak hanya dilihat dari fisik saja namun anda sebelum membeli sebaiknya anda mencoba untuk pantulkan bola tersebut kelantai atau dinding, karena pantulan yang baik akan menghasilkan permainan yang dan sebaliknya.

Berat bola

Untuk berat bola ini sangat bervariasi tergantung dari merk bola tersebut, karena setiap bola akan memiliki berat yang berbeda namun yang harus anda ingat jangan memilih yang terlalu ringan atau terlalu berat dengan menggunakan ukuran standar dari bola 9-10ons sedangkan tekanan 4.5-6 pon.

Baca juga: Permainan Bola Volly Membutuhkan Teknik Melompat yang Tepat

Demikian tipas dari kami semoga memudahkan anda dalam merawat dan memilih bola volly, dan artikel bisa bermanfaat. selama mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *