Mengenal Teknik Dasar Permainan Bola Volly yang Wajib Anda Ketahui

Mengenal Teknik Dasar Permainan Bola Volly yang Wajib Anda Ketahui

Olahraga volly merupakan olahraga yang lebih banyak dilakukan dengan mengandalkan kekuatan tangan para pelakunya untuk dapat memukul dan menangkis bola. Olahraga ini, biasanya akan dimainkan oleh 2 tim yang saling berhadap-hadapan, dimana masing-masing anggota tim akan terdiri dari 6 orang pemain. Olahraga ini sendiri dapat dilakukan di ruangan tertutup ataupun terbuka, sesuai dengan kesepakatan dan peraturan yang ditetapkan dalam sebuah permainan volly tersebut. Untuk melakukan olahraga yang satu ini, para pemain dari masing-masing tim, biasanya akan menggunakan seragam khusus, yang bertujuan untuk membedakan antara pemain dari tim satu dengan yang lainnya. Selain seragam, pada umumnya dalam permainan olahraga bola volly ini akan terdapat beberapa aturan dasar dalam permainan yang memang harus diketahui oleh setiap pemain yang terlibat didalamnya.

Mengenal Teknik Dasar Permainan Bola Volly yang Wajib Anda Ketahui

Aturan pertama yang memang harus diketahui adalah lapangan ataupun tempat melakukan pertandingan olahraga volly ini. Untuk lapangan dalam permainan volly ini, tidak harus dibatasi pada tempat indoor ataupun outdoor, yang menjadi aturan baku dalam penggunaan lapangan ini adalah bentuk dan ukuran dari lapangan. Untuk olahraga volly lapangan yang digunakan haruslah lapangan dengan bentuk segi empat, dimana lapangan tersebut memiliki ukuran panjang 18 meter, lebar 9 meter dengan lebar garis sebesar 5 cm. Ditengah lapangan harus terdapat net sebagai pembatas wilayah antara satu tim dengan tim lainnya. Net ini biasanya akan berbentuk seperti jaring dengan lebar 1 meter dan panjang 9,5 meter, serta lebar mata jaring sebesar 10 cm.

Aturan dasar lainnya, yang memang harus diketahui oleh semua anggota tim dalam permainan bola volly ini, antara lain adalah:

  • Bola yang digunakan dalam pertandingan volly ini merupakan bola khusus dengan diameter sekitar 65-67cm, dengan berat tidak lebih dari 280 gram, dimana bola ini harus memiliki tekanan udara sekitar 0,48 per cm2. Lajur pada bola pun harus memiliki jumlah antara 12-18 lajur.
  • Durasi permainan dalam volly ini akan ditentukan oleh jumlah point yang didapatkan olah sebuah tim haruslah mencapai angka 15 point untuk sistem rally point, namun hal ini akan berbeda jika kedua tim bertemu dalam angka 14:14 maka sistem deuce akan diberlakukan.

Selain aturan dasar tersebut, pergeseran pemain dalam volly juga harus diketahui oleh para pemain dalam olahraga ini. Dalam olahraga volly ini, pergeseran pemain akan dilakukan dengan teknik searah jarum jam, sehingga pemain hanya dapat bergeser satu tempat saja dari tempat asal mereka, dengan arah yang disesuaikan dengan arah jarum jam.

Baca juga: Lakukan 4 Kiat Perawatan Ini Agar Bola Volly Lebih Awet

Seragam yang digunakan oleh para pemain bola volly ini, selain harus sama antara anggota dalam satu tim, seragam pun harus dapat memunculkan identitas para pemain yang terlibat dalam tim mereka. Identitas tersebut, biasanya akan diletakkan pada bagian belakang seragam dengan menggunakan identifikasi nomor punggung dari para pemain olahraga volly tersebut.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *