4 Faktor Resiko Penyebab Terjadinya Cidera Hamstring

4 Faktor Resiko Penyebab Terjadinya Cidera Hamstring

Olahraga pada dasarnya sudah menjadi salah satu aktivitas penting dan wajib dilakukan oleh siapa saja, tentunya jika menginginkan tubuh yang sehat, namun ada kalanya aktivitas olahraga yang tidak dilakukan secara benar akan menyebabkan terjadinya cidera, pasti bukan hal yang baru lagi bagi Anda bukan. Mengingat resiko semacam ini sering kali terjadi dan bisa dialami oleh siapa saja. Salah satu jenis yang rentan menyerang adalah cidera hamstring. Yaitu sebuah kondisi dimana seseorang mengalami robekan pada bagian otot hamstring mereka.

4 Faktor Resiko Penyebab Terjadinya Cidera Hamstring

Umumnya jenis cidera tersebut juga bisa dibagi menjadi beberapa tingkatan, mulai dari yang ringan, terjadi hanya pada sebagian kecil otot hamstring, kemudian tingkatan menengah yang terjadi di sebagian besar otot hingga resiko cidera yang paling parah, robekan terjadi di seluruh bagian otot, tentunya membutuhkan tindakan pengobatan yang memakan waktu lebih lama dibandingkan dengan cidera yang ringan ataupun menengah.

Cidera hamstring ini sebenarnya bisa terjadi pada siapa saja karena beberapa macam faktor, contohnya adalah tidak pernah melakukan aktivitas olahraga, namun kemudian dipaksa melakukan olahraga tanpa pemanasan dan dalam intensitas dan durasi yang tinggi, sehingga bagian otot hamstring ini langsung mengalami robekan, selain itu juga ada beberapa faktor lain yang dapat memicu terjadinya resiko cidera tersebut, diantaranya adalah:

  1. Riwayat cidera sebelumnya, mereka yang sudah pernah mengalami cidera bagian hamstring ini, jika melakukan olahraga lagi dengan intensitas yang sama, maka nantinya juga beresiko untuk terkena cidera yang sama. Sehingga harus berhati-hati, lakukan kegiatan olahraga secara benar dan dengan durasi normal.
  2. Perkembangan otot yang berjalan secara tidak seimbang, faktor penyebab yang lainnya bisa terjadi karena otot berkembang secara tidak seimbang. Contohnya adalah ketika Anda memiliki otot paha bagian depan yang lebih kuat dibandingkan dengan otot paha, sudah pasti nantinya resiko terkena cidera ini jauh lebih tinggi dibandingkan dengan yang lainnya.
  3. Memiliki kelenturan otot yang buruk, faktanya mereka yang memiliki tingkat kelenturan otot yang baik maka akan lebih minim resikonya untuk terjadi cidera, jika dibandingkan dengan orang-orang yang tingkat kelenturan otot yang rendah, karena artinya beberapa bagian tubuh jarang sekali digunakan untuk olahraga, sehingga resiko terkena cidera juga jadi semakin tinggi.
  4. Olahraga-olahraga tertentu memang lebih rentan mengalami cidera, faktor lainnya bisa jadi karena jenis olahraga yang dilakukan tersebut memang menyebabkan terjadinya resiko cidera lebih besar dibandingkan dengan olahraga yang lainnya, contohnya sendiri adalah berlari. Bidang olahraga yang memang paling sering menyebabkan terjadinya cidera.

Baca juga Cara Mudah Menghindari Cedera Hamstring

Cidera hamstring ini bisa diobati dengan cara istirahat secara total dan mengompres bagian yang didera dengan menggunakan air dingin.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *