Cara Mudah Menghindari Cedera Hamstring

Cara Mudah Menghindari Cedera Hamstring

Sebaiknya anda jangan panik ketika mengalami cedera hamstring karena cidera ini bukan lah suatu penyakit dalam pengertian emedi cidera ini salah satu bagian kelompok otot di paha belakang, nah kenapa disebut dengan kelopok karena hamstring terdiri dari 3 otot semitendinosus, semimembranosus, dan bicep femoris.

Hamstring yang bekerja dengan jenis excentric yakni dari ototnya memanjang dan tonus yang akan meningkatkan ketegangan. Nah untuk fungsi utama dari otot tersebut untuk menyeimbangkan kerja dari otot quadrisep yang bekerja lebih dominan secara concentric atau otot akan memendek dan tonus semakin meningkat. Maka dari itu kenapa kami sarankan untuk mecegah cedera hamstring dengan berbagai latihan atau gerakan tertentu.

Bagi anda yang pernah mengalami cedera hamstring akan berpeluang antara 25%-40% akan mengalaminya lagi, dan ini sering terjadi pada olahraga sepakbola atau lari. Tidak sedikit pelari yang mengalami cidera ini biasanya akan terasa kaku dan tentunya akan menurunkan performa anda  karena ruang sendi anda menjadi terbatas.

Cara Mudah Menghindari Cedera Hamstring

Berikut ini salah satu langkah untuk peregangan otot hamstring secara mudah dan bisa untu Anda lakukan sendiri.

  1. langkah pertama ini sangat mudah cukup dengan meletakkan bagian kaki kiri Anda ke atas benda dengan tinggi sejajar dengan kekuatan maksimal range of motion sendi pada paha Anda, yang sering dilakukan pada bagian atas pagar atau sejenis railing
  2. Kemuidan anda menahan dalam posisi tersebut, selanjutnya coba kontraksikan bagian otot hamstring kiri dengan cara anda tekan ujung pergelangan bagian kaki kiri ke bagian bawah/ke arah pagar atau railing. Nah untuk ukuran tenaga yang harus gunakan dalam gerakan ini kira-kira 10-20% dari tenaga yang anda miliki. Agar lebih maksimal tahan gerakan ini untuk waktu 10 detik dan kemudian anda lepaskan kembali, agar lebih terasa sebaiknya otot hamstring kiri lebi ditekan agar lebih lentur.
  3. Selanjutnya anda bergerak mundur sedikit untuk kaki kanan agar otot hamstring Anda terasa tertarik/stretched. Kemudia dorong kembali bagian kaki kiri Anda ke bgain bawah cukup dengan waktu 10 detik dengan menggunakan 10-20% dari tenaga anda, setelah itu ulangi gerakan sebanyak tiga kali untuk setiap sesi peregangan.
  4.  Kemuddia anda lakukan dengan gerakan yang sama ke bagian otot hamstring kanan, namun sebaiknya anda menghentikan gerakan ini apabila sudah terasa nyeri pada saat melakukan dan setelah anda melakukannya setelah itu anda konsultasi ke dokter spesialis olahraga terkait kondisi anda tersebut

Baca juga Gerakan Dasar Pemanasan Sebelum Olahraga

Cedera hamstring sering terjadi karena anda kurang melakukan gerakan pemanasan dan anda terus memaksakan untuk terus beerja dan berlari, semoga tips diatas membuat olahraga anda aman dan nyaman badan terasa lebih segar dan bugar.

Selamat mencoba.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *