Cara Mudah Mencegah Cedera Hamstring

Cara Mudah Mencegah Cedera Hamstring

Untuk and yang suka dengan olahraga sepakbola cedera hamstring tentunya sudah tidak asing lagi untuk anda dengar, karena cidera ini akrab banget dengan olahraga yang berlari. Sebelum mengupas habis tentunya adan yang masih asing menayakan apakah ini penyakit atau sebuah cidera.

Oke guys mari kita mengupas dari awal, dibalik tungkai atas atau bagian paha terdapat beberap otot yang berfungsi menopang berbagai gerakan yang kita lakukan pada saat anda olahraga dan aktifitas yang lainnya. Dalam melakukan aktifitas tentunya otot-otot kita bekerja dan itu membutuhkan tenaga serta terjadi perenggangan. Bagian otot yang sering bekerja maka resiko cidera juga cukup banyak salah satunya cedera hamstring.

Cara Mudah Mencegah Cedera Hamstring

Agar cidera tersebut terhindarkan sebaiknya anda melakukan berbagai gerakan pemanasan sebelum melakukan olahraga atau aktifitas apapun, jangan sampai otot kita bergerak secara tiba-tiba dengan beban yang berat. Kami akan memberikan beberapa tips mudah untuk menghindari cedera hamstring sebagai berikut:

  • Walking Lunge

Gerakan ini mudah untuk dilakukan yakni dengan hanya berjalan kurang lebih 10 meter, atau juga bisa anda lakukan dengan 20 langkah pada saat memulai aktiftas.

  • Side Lunge

Gerakan ini terbilang sangat mudah lakukan secara bergantian antara kaki kiri dan kanan sebanyak 5 secara berulang-ulang kurang lebih 2-3 kali.

  • Romanian deadlift

Unutk gerakan ini bisa anda lakukan dengan menggunakan dumbl atau menggunakan botol air minum. Dilanjutkan dengan kedua kaki dibuka agak lebar terus posisi lurus hingga membentuk huruf V. Pada saat anda dalam posisi membungkuk usahakan tulang punggung dalam kondisi lurus hingga membentuk sudut siku dan kondisi lutut tetap lurus. Gerakan ini anda lakukan sebanyak 6-8 kali secara berulang-ulang dan yang harus anda perhatikan bagian punggung jangan sampai terasa nyeri.

  • Nordic Hamstring

Gerakan untuk pemanasan ini anda membutuhkan teman, karena dalam latihan ini posisi badan anda secara perlahan jatuh lurus kebawah dan tidak boleh berhenti sebelum menyentuh lantai sebagai tumpuan dua telapak tangan pada saat menyentuh lantai dan langsung bergegas balik dengan posisi gerakan awal. Lakukan dengan berulang sebanyak 4-6 kali

  • Jump Box

Pemanasan ini yang anda butuhkan ialah suatu benda yang posisinya lebih tinggi misalnya anda bisa menggunakan kayu,anak tangga dan bisa juga menggunakan step box, gerakan yang anda butuhkan ialah dengan melompat namun dengan jeda berhenti selama 2 detik pada saat anda posisi jongkok di benda tersebut. Lakukan secara berulang sebanyak 2-3 kali.

Baca juga https://bolafutsal.org/

Tips diatas bisa anda lakukan secara berulang selama 2-3 hari dalam seminggu bagi anda yang aktif dalam kegiatan olahraga,latihan ini juga sering dilakukan bagi anda yang gemar dengan olahraga sepakbola untuk menghindari cedera hamstring semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *