Tips Menghindari Cidera Pada Pemain Futsal

Tips Menghindari Cidera Pada Pemain Futsal

Bermain futsal memang menjadi kegiatan olahraga yang sangatlah seru dan menyenangkan, sehingga sudah menjadi suatu hal yang wajar bila banyak para masyarakat yang berkeinginan untuk menjadi pemain futsal yang profesional. Bahkan untuk melakukan olahraga sepak bola ini pun tentunya menjadi suatu hal yang sangat penting untuk memperhatikan pada keamanan dari permainan itu sendiri. Terlebih lagi untuk permainan yang tidak aman maka hal ini dapat menimbulkan cidera bagi para pemainnya.

Tips Menghindari Cidera Pada Pemain Futsal

Agar pemain tidak mengalami cidera akibat dari permainan futsal yang tidak terjaga dengan baik, tentunya hal ini ada banyak hal yang perlu untuk diperhatikan dengan sebaik mungkin agar para pemainnya tidak mengalami cidera, karena jika mengalami cidera bagi pemainnya tentunya hal ini dapat menjadikan pemainnya tidak dapat melakukan futsal lagi karena harus pemulihan dari cidera yang dialaminya.

Ada beberapa penyebab dari cidera pemain futsal yang dapat untuk Anda ketahui, yaitu sebagai berikut ini:

Kurangnya pendinginan.

Kurangnya pendinginan dapat menjadikan sendi terasa kaku, biasanya terjadi oleh pemain futsal yang lama tidak futsal, sehingga menjadikan sendi terasa kaku dan nyeri.

Cidera yang belum sembuh.

Bagi pemain yang pernah mengalami cidera harus bermain futsal kembali, maka hal ini menjadikan pemainnya lebih memperburuk pada luka cidera yang dialaminya.

Kurangnya pemanasan.

Kurangnya pemanasan juga akan menjadikan ketegangan pada bagian tubuh yang menjadikan bagian tubuhnya menjadi rusak dan akan terasa lebih sakit.

Teknik yang tidak tepat.

Melakukan olahraga futsal dengan teknik yang salah juga akan menimbulkan cidera bagi pemainnya.

Jika Anda sudah mengetahui penyebab dari terjadinya cidera bagi pemainnya, maka Anda juga wajib untuk melakukan cara agar pemain tidak mengalami cidera saat bermain futsal, yaitu sebagai berikut:

  1. Lakukan pemanasan serta pendingin dengan rutin dan dengan gerakan yang tepat sebelum melakukan futsal, hal ini akan menjadikan sendi-sendi dalam tubuh agar tidak kaget.
  2. Lakukan peregangan otot kurang lebihnya 10 hingga 15 menit agar peregangan tidak terganggu sebelum melakukan kick off serta jangan mudah buru-buru pada saat pergi ke bar sesudah pukulan peluit akhir.
  3. Untuk mengurangi cidera, maka Anda dapat untuk melatih kekuatan, misalnya seperti latihan melompat, jongkok, mengubah arah, mendarat, cara ini akan menghindari pada cidera pergelangan kaki dan lutut.
  4. Jangan lupa untuk menggunakan decker atau pelindung tulang kering.

Simak juga Menilik Keuntungan Menjadi Pemain Futsal Daripada Pemain Bola

Itulah beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan dengan baik pada saat Anda akan melakukan futsal, terlebih lagi bagi Anda sebagai pemain futsal yang memang menjadi suatu hal yang haruslah dilakukan agar pemain tidak mengalami cidera yang justru akan menjadikan diri Anda tetap terjaga dengan baik yang akan menjadikan permainan futsal Anda tetap terjaga dengan baik dan aman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *