Manfaat Sepak Takraw dan Cara Memilih Sepatu Takraw

Manfaat Sepak Takraw dan Cara Memilih Sepatu Takraw

Sepak takraw merupakan salah satu cabang olahraga dengan menggunakan bola kecil bulat yang di anyam. Biasanya permainan ini seperti menggunakan lapangan bulutangkis, memiliki net pembatas antara tim satu dengan tim lainnya. Permainan ini tidak hanya dimainkan oleh laki-laki saja tetapi juga perempuan bahkan sudah tidak mengenal usia. Permainan hanya dapat ditendang menggunakan kaki dan disundul dengan kepala tanpa harus menyentuhnya dengan tangan. Saat menendang bola takraw haruslah menggunakan sepatu takraw yang berkualitas dan juga tetap, terutama dari segi bahan yang digunakan karena bola takraw cukup keras dan dapat merusak sepatu yang tidak memiliki bahan bagus.

 Manfaat Sepak Takraw dan Cara Memilih Sepatu Takraw

Oleh karena itu sepatu untuk sepak takraw haruslah khusus dan difungsikan dengan baik, bentuknya menyerupai sneakers tetapi hanya digunakan untuk permainan ini. Berikut adalah cara memilih sepatu yang tepat diantaranya:

 

  • Pastikan membeli di toko olahraga yang menyediakan produk barang asli dengan kualitas terbaik.
  • Perhatikan bahan yang digunakan, pastikan jahitannya kuat dan bagian bawah memiliki bahan karet supaya tidak mudah licin.
  • Pastikan mencobanya setelah melakukan aktifitas dan gunakan kaos kaki supaya dapat menyesuaikan dengan ukuran sepatu yang ideal.
  • Hindari penggunaan sepatu untuk keseharian karena sepatu tersebut khusus dirancang bagi pesepak takraw.
  • Biasanya sepatu yang asli dan memiliki kualitas harganya lebih mahal sehingga pilihlah waktu yang memiliki diskon supaya mendapat potongan harga.

 

Cara memilih sepatu takraw diatas perlu diperhatikan oleh para pemain karena jika tidak maka akan membuat kaki menjadi lecet atau mengakibatkan cedera ringan. Sepatu yang baik haruslah memberi kenyamanan pemain saat menendang bola oleh karena itu hindari menggunakan ukuran sepatu yang terlalu pas. Menggunakan sepatu yang tepat akan membuat pemain tampil dengan performa terbaik selama dilapangan.

Baca Juga :Cara Memilih dan Rekomendasi Sepatu Takraw Terbaik untuk Para Pemain  

Berikut adalah manfaat bermain sepak takraw yang perlu diketahui diantaranya:

 

  • Bermain dan mengejar bola dalam waktu 90 menit akan membuat kebugaran cardiovascular serta meningkatkan metabolisme otot.
  • Permainan ini akan memperkuat otot-otot pada bagian kaki, paha, perut dan juga dada. Selain itu akan membuat badan tidak mudah lelah.
  • Akan meningkatkan kekuatan dan juga mendukung kepadatan tulang karena gerakan yang dituntut dalam permainan membuat manfaat dalam tubuh.
  • Gerakan yang dilakukan selama bermain akan membuat tubuh lebih fleksibel.
  • Membuat tubuh tetap memiliki berat badan yang stabil karena gerakannya akan membuat kalori terbakar.

 

Sepak takraw merupakan permainan menyenangkan dan juga memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Terutama untuk wanita sehingga akan menguatkan tulang dan otot, serta kebugaran jasmani yang semakin baik. Meningkatkan kekebalan tubuh juga merupakan salah satu manfaatnya sehingga tidak perlu diragukan lagi. Sepatu takraw saat bermain sepak takraw akan memberi tendangan bagus untuk mendapatkan poin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *