Jenis-jenis Rumput Lapangan Bola yang Perlu Anda Ketahui

Jenis-jenis Rumput Lapangan Bola yang Perlu Anda Ketahui

Sepak bola adalah jenis olahraga yang sangat universal, bahkan di belahan dunia mana saja permainan tersebut dikenal baik. Beberapa ajang bergengsi sepak bola selalu dilakukan setiap tahunnya baik itu secara nasional ataupun internasional. Jika berbicara mengenai jenis olahraga satu itu tentunya tidak bisa terlepas dari lapangan bola yang digunakan. Seperti yang diketahui, bagus tidaknya lapangan itu menjadi tolak ukur kenyamanan para pemain dalam bermain. Dari mulai pengaturan garisnya, rumput, sampai dengan tatanan komponen lainnya. Dalam membuat lapangan sendiri sudah memiliki acuan yang tepat, jadi tidak bisa sembarangan.

Jenis-jenis Rumput Lapangan Bola yang Perlu Anda Ketahui

Lapangan yang telah berstandar internasional atau paling tidak sudah digunakan secara serius pasti akan dipelihara dengan baik. Hal itu juga terlihat dari pemilihan rumput yang tidak sembarangan, tahukah Anda rumput jenis apa yang digunakan? Nah, pada artikel kali ini akan dibahas mengenai beberapa jenis rumput yang sering digunakan. Pada dasarnya rumput tersebut terbagi dalam 6 macam, tetapi hanya ada beberapa yang direkomendasikan secara baik, antaranya:

Rumput zoysia matrella.

Pertama ada jenis rumput yang bisa dikatakan paling baik dari pada jenis lainnya, kepekatan warna hijaunya menjadi salah satu kelebihan. Selain itu elastisitas dan tekstur yang runcing dinilai baik. Jenis ini juga masuk termasuk dalam lapangan bola yang berstandar internasional atau FIFA. Bagi Anda yang bermain diatas rumput tersebut sudah dapat dipastikan keamanannya. Tidak heran jika dalam harga jual dan perawatannya memang memerlukan biaya yang cukup tinggi dibandingkan dengan lainnya.

Rumput cynodon dactylon.

Sebenarnya pada jenis kedua ini tidak berbeda jauh dengan jenis pertama, tetapi memang ada beberapa perbedaannya. Dahulu jenis rumput yang mempunyai tekstur lembut serta mudah terkelupas ini hanya digunakan pada lapangan golf saja. Namun beberapa waktu belakangan ini sudah banyak klub sepak bola dunia yang menggunakan jenis rumput yang sama.

Rumput axonopus compressus.

Bentuk yang lebih lebar dari pada jenis lainnya menjadi ciri pembeda pertama pada jenis rumput satu ini. Akar yang dimiliki cukup kuat tetapi akan lebih mudah mengalami kerusakan jika tidak dirawat dengan tepat. Biaya yang murah dijadikan beberapa stadion di Indonesia menggunakan jenis rumput satu ini. Secara fisik dan kualitas pastinya berbeda dengan jenis kedua

Baca Juga Ini Dia Beberapa Lapangan Bola Terbaik di Dunia dan di Indonesia

Sebenarnya selain dari ketiga diatas ada beberapa jenis lainnya, seperti halnya sintetis yang cukup banyak juga digunakan. Harga yang murah serta perawatan yang mudah memang menjadi kelebihan sendiri. Namun, beberapa lapangan bola yang menggunakan jenis rumput tersebut tidak diperkenankan karena memang mempunyai resiko tinggi terhadap cideranya para pemain. FIFA sendiri yang mengeluarkan pernyataan bahwa adanya larangan keras penggunaan rumput sintetis. Jika Anda menginginkan untuk membuat lapangan sendiri dirumah bisa memilih dari beberapa jenis rumput diatas.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *