Inilah Beberapa Teknik Menendang dalam Permainan Sepak Bola Takraw Bagi Pemula

Inilah Beberapa Teknik Menendang dalam Permainan Sepak Bola Takraw Bagi Pemula

Jika berbicara mengenai olahraga yang menggunakan bola besar pasti banyak sekali dari mulai sepak bola, futsal sampai dengan sepak bola takraw yang cukup banyak penggemarnya. Kurang lebih dalam permainan takraw hampir sama dengan jenis lainnya. Di Indonesia sendiri olahraga tersebut cukup banyak dan populer, bahkan sering masuk dalam olahraga yang digunakan pada saat olimpiade. Walaupun tergolong olahraga yang mudah tetapi sebelum melakukannya Anda juga perlu paham terlebih dahulu teknik-teknik bermain seperti apa. Dari mulai menendang, melempar, mengoper dan lain sebagainya.

Inilah Beberapa Teknik Menendang dalam Permainan Sepak Bola Takraw Bagi Pemula

Sepak takraw merupakan satu dari banyaknya jenis olahraga yang mengandalkan kekuatan kaki, dilakukan secara berkelompok atau tim. Bola yang digunakan juga berbeda, karena pada permainan ini menggunakan bola yang dibuat dari anyaman rotan. Prinsip memainkannya adalah dengan mengoper atau menembus area pertahanan lawan yang telah dipisahkan oleh jarring atau disebut juga net. Nah, berikut ini ada beberapa teknik dasar yang perlu Anda ketahui yaitu:

Sepak kuda.

Pertama ada teknik yang ditunjukkan oleh para pemain dengan menggunakan punggung kaki. Teknik ini umumnya digunakan sebagai pengembalian bola yang telah dimasukkan oleh lawan ke area pertahanan tim Anda. Sebab jika bola tersebut masuk dan jatuh pasti akan mengalami pertambahan nilai pada kelompok lawan.

Sepak sila.

Selanjutnya ada jenis lainnya yang dilakukan dengan menggunakan kaki pada bagian dalam ketika memainkan bola. Teknik satu ini digunakan pada saat Anda menerima bola takraw yang telah digiring oleh kelompok Anda sendiri. Hal tersebut tentu saja bertujuan untuk melakukan penyerangan sampai akhirnya dapat mencetak gol dan memenangkan pertandingan tersebut.

Sepak mula.

Seperti namanya, jenis tendangan atau teknik satu ini dilakukan ketika seorang pemain menendang masuk bola kedalam lapangan. Dengan begitu berarti bahwa permainan takraw telah dimulai. Sama seperti jenis permainan bola lainnya, Anda harus menendang atau melambungkan bola kepada tim sendiri.

Teknik menapak.

Ini adalah salah satu teknik yang wajib sekali Anda kuasai untuk bisa menjadi pemain takraw yang handal. Teknik satu ini memang dikhususkan pada saat melakukan smash yang ditujukan kepada lawan. Jadi penggunaan telapak kaki tersebut bertujuan untuk melancarkan tendangan dan bisa lebih keras seperti yang diinginkan oleh pemain.

Baca juga Melirik 4 Manfaat yang Diberikan Oleh Olahraga Sepak Takraw

Beberapa jenis teknik diatas bisa menjadi referensi untuk Anda yang akan melakukan permainan sepak bola dari rotan tersebut. Pada dasarnya memang sepak bola takraw itu memang sama dengan jenis sepak bola lainnya. Hanya saja ada beberapa poin aturan, pelanggaran dan juga prinsip bermain yang berbeda. Namun bagi Anda yang telah mengenal sepak bola dengan baik pasti akan melebihi mudah melakukan atau belajar permainan sepak takraw.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *