Ingin Mahir Bermain Bola Takraw? Kuasai Dulu Teknik Dasarnya Berikut Ini!

Ingin Mahir Bermain Bola Takraw? Kuasai Dulu Teknik Dasarnya Berikut Ini!

Olahraga merupakan kegiatan yang sangat penting untuk Anda lakukan setiap harinya agar badan dapat tetap sehat dan bugar, sehingga aktivitas Anda pun tidak akan terganggu dan bisa berjalan dengan sebagaimana harusnya. Sekarang ini, ada berbagai jenis olahraga yang bisa pilih untuk dimainkan dalam waktu yang rutin. Dari begitu banyaknya jenis olahraga, ada pula beberapa jenisnya yang sudah ada sejak zaman dahulu kala dan tetap dimainkan hingga saat ini tanpa mengurangi kesan tradisionalnya, salah satunya adalah permainan bola takraw. Jenis olahraga ini merupakan gabungan antara sepak bola dan juga voli. Permainan ini pun sudah dimainkan sejak lama ketika zaman Melayu. Tidak hanya di Indonesia saja, namun ada beberapa negara lain yang memainkannya, seperti Thailand, Filipina, Laos, dan sebagainya. Tetapi, tidak banyak dari masyarakat Indonesia yang memainkannya karena dinilai lebih sulit jika dibanding permainan olahraga lainnya. Namun, Anda bisa menguasai permainan jika sudah mengetahui dan menguasai beberapa teknik bermainnya yang paling dasar, yakni:

Ingin Mahir Bermain Bola Takraw? Kuasai Dulu Teknik Dasarnya Berikut Ini!

Sila

Teknik yang merupakan paling dasar dan bisa Anda kuasai dalam waktu yang singkat adalah Sila. Teknik ini merupakan dimana Anda menyepak bolanya dengan memakai bagian dalam kaki Anda. Teknik ini bisa digunakan ketika akan menerima dan juga ketika akan menimang bola tersebut. Selain itu, Sila juga bisa Anda terapkan ketika ingin memberikan umpan mau pun menggagalkan dan menyelamatkan serangan dari tim lawan Anda. Jika sudah menguasai teknik ini, pasti Anda tidak akan kesulitan untuk memainkan olahraga ini.

Kuda

Jenis dari teknik sepak kuda atau yang kerap juga disebut sebagai kura biasanya dilakukan dengan menggunakan kaki atau dengan menggunakan bagian punggung kaki. Teknik ini bisa Anda terapkan ketika akan menyelamatkan bola takraw dari lawan atau serangannya yang diberikan. Selain itu, Anda bisa menerapkannya ketika akan mengambil bola yang berada dalam posisi rendah. Pastinya jika menguasai teknik ini tidak mudah, untuk itu diperlukan latihan yang cukup keras.

Cungkil

Teknik dasar lainnya yang harus Anda kuasai terlebih dahulu agar dapat bermain permainan tersebut dengan piawai adalah teknik sepak cungkil. Bagian kaki yang digunakan dalam teknik ini adalah jari kaki. Anda bisa menggunakan teknik dasar ini untuk mengambil bola rendah, yang jauh dan juga dapat mengambil bola yang terpantul-pantul agar tidak terjadi blocking. Teknik ini sangat penting dalam permainan tersebut, untuk itu usahakan untuk menguasainya terlebih dahulu.

Baca juga Mengenal Lebih Dekat Tentang Sepak Takraw yang Perlu Anda Ketahui

Menapak

Jenis teknik dasar yang harus Anda kuasai agar dapat bermain bola takraw dengan piawai dan mahir adalah menapak. Seperti namanya, bagian kaki yang digunakan adalah bagian telapaknya. Biasanya teknik ini digunakan untuk melakukan smash, menahan smash yang diberikan lawan, serta dapat digunakan untuk menyelamatkan bola yang jaraknya dekat dengan net.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *