Mengenal 4 Manfaat Adanya Peraturan di Dalam Olahraga

Mengenal 4 Manfaat Adanya Peraturan di Dalam Olahraga

Dalam setiap permainan maupun olahraga dijamin di dalamnya sudah terdapat peraturan yang mewarnai jalanya permainan olahraga tersebut. Sebut saja seperti sepak bola, jika tidak ada aturan maka pemain akan asal menendang bola saja dan tidak perlu lagi ada wasit yang berada di tengah lapangan sepanjang pertandingan. Tidak hanya sepak bola saja karena nyaris semua olahraga memiliki aturannya sendiri yang tentu tata aturan ini punya manfaat atau tujuan. Apabila ditelisik lebih dalam adanya aturan justru memberikan keuntungan berlimpah.

Mengenal 4 Manfaat Adanya Peraturan di Dalam Olahraga

Manfaat Aturan di dalam Olahraga

Aturan di semua cabang olahraga dijamin ada dan wajib dipatuhi oleh semua pihak, kemudian juga wajib dipahami oleh semua orang. Keberadaan aturan ini ternyata mendatangkan beragam manfaat, diantaranya adalah:

Olahraga menjadi lebih tertib,

Tanpa adanya aturan di dalam sebuah olahraga maka dijamin pemain akan berlaku sesuka hati dan bisa jadi membuat permainan berantakan. Tidak ada lagi aksi sportif diantara kubu yang bertanding, sebab bermain secara asal dan mencetak nilai secara asal pula. Tidak akan terlihat bagus untuk ditonton, sehingga bisa disimpulkan kalau aturan membuat olahraga lebih tertib.

Tidak ada aksi kekerasan di lapangan,

Olahraga adalah kegiatan fisik dan ketika bertanding dijamin akan ada yang kalah dan ada yang menang. Kalau tidak ada peraturan ketat yang membungkus permainan olahraga tersebut dijamin ada aksi kekerasan di tengah lapangan. Pemain dari tim A tidak ikhlas jika tim lawan dengan aksinya malah mendapatkan tambahan nilai, begitupun sebaliknya. Maka adanya aturan yang ketat dan wajib dipatuhi semua pihak membuat kekerasan bisa dihindari.

Kemudahan menentukan skor atau nilai,

Lewat tata tertib atau aturan di dalam sebuah permainan olahraga maka kegiatan tersebut bisa dengan mudah ditentukan kapan skor bertambah dan kapan stagnan. Aturan ini juga mencantumkan kriteria penambahan nilai misal bola dalam olahraga tenis dikatakan menambah nilai apabila jatuh dalam kondisi seperti apa. Tanpa adanya peraturannya akan sulit menentukan siapa pemenang dalam sebuah pertandingan, karena tidak ada aturan mengenai penambahan nilai. Jadi, apakah yakin akan melakukan pertandingan sepanjang siang dan malam?

Simak juga Inilah Macam-macam Peraturan Penting dalam Permainan Bola Basket

Mengetahui kapan olahraga musti diakhiri,

Aturan yang diberlakukan dalam permainan olahraga juga menjadi batas kapan suatu pertandingan olahraga dikatakan berakhir, tentunya setelah ada pemain yang dinyatakan menang. Aturan ini tidak hanya berlaku untuk menentukan kapan nilai pemain bertambah dan kapan justru membuat tim lawan mengalami pertambahan nilai. Sebab ada batas maksimal bernama ronde, stage, dan sejenisnya yang memaksimalkan durasi pertandingan. Misalnya saja peraturan dalam bulutangkis, kalau sudah tiga kali set nilainya sama maka di set ketiga siapa yang lebih dulu mendapat nilai 30 dialah pemenangnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *