Inilah Macam-macam Peraturan Penting dalam Permainan Bola Basket

Inilah Macam-macam Peraturan Penting dalam Permainan Bola Basket

Basket adalah jenis permainan yang dimainkan oleh dua regu dalam jumlah yang sama, olahraga satu ini sudah cukup populer di masyarakat baik dalam negeri atau luar negeri. Karena termasuk dalam permainan pasti ada peraturan khusus yang dibuat pada saat pertandingan dimulai. Tujuannya hanyalah satu supaya semua pemain akan merasa nyaman, aman dan baik selama proses permainan berlangsung. Walaupun permainan tersebut sangat mendunia dari mulai anak-anak sampai dengan dewasa tetapi tidak sedikit dari mereka kurang memahami adanya aturan yang harus dipatuhi. Sanksi dari pelanggaran pasti ada beberapa konsekuensi yang harus diterima oleh pemain yang melanggar.

Inilah Macam-macam Peraturan Penting dalam Permainan Bola Basket

Menjaga sebuah pertandingan bola basket berjalan dengan lancar, baik dan jujur bukanlah sesuatu yang mudah, sekalipun sudah diatur dalam aturan-aturan. Jika harus menilik lebih jauh tata tertib apa saja yang harus dilakukan dalam pertandingan pasti akan banyak sekali. Namun, pada artikel ini akan dibahas mengenai beberapa diantaranya yaitu:

Aturan lapangan.

Jika Anda hanya suka menyaksikan setiap pertandingan melalui televisi pasti tidak akan paham betul posisi lapangan dan ukuran yang diharuskan. Jika itu masuk dalam ajang olahraga bergengsi pasti lapanganpun harus dibuat berdasarkan aturan yang telah ditetapkan. Dari mulai panjang, lebar sampai dengan garis-garis yang ada didalamnya.

Aturan jumlah pemain.

Lalu pemain-pemain seperti apa yang dapat masuk dalam pertandingan juga sudah ditentukan, tidak kecuali peraturan yang menjelaskan mengenai jumlah pemain dalam setiap pertandingan. Perhitungan pemain termasuk juga didalamnya wasit dan beberapa anggota penting lainnya dalam pertandingan.

Aturan main.

Kemudian ada penjelasan juga mengenai aturan main seperti apa yang tepat, dari mulai berapa lama permainan, pelanggaran apa saja, sampai dengan konsekuensi yang harus diterima oleh pemain jika melanggar aturan yang telah dibuat tersebut. Sebagai salah satu pemain harus mengetahui dan memahami dengan baik aturan main tersebut.

Penggantian pemain.

Selama pertandingan berlangsung pasti aka nada beberapa masalah yang disebabkan oleh pemain satu dengan lainnya. Hal ini menjadi penting ketika ada aturan kapan saatnya penggantian pemain ataupun lainnya.

Aturan jeda permainan.

Pemberhentian permainan, jeda permainan ataupun hal lain yang membuat permainan diberhentikan juga perlu diketahui. Hal ini akan berpengaruh pada performa setiap pemain karena efektivitas waktu yang tepat dan baik sesuai dengan aturan yang berlaku.

Simak juga Ini Dia Perbedaannya Peraturan Futsal dan Sepak Bola yang Harus Anda Ketahui

Sudah bukan hal yang aneh jika setiap pertandingan ada aturan yang digunakan, tanpa aturan yang jelas pasti akan memberikan masalah besar selama proses pertandingan. Inilah kenapa seorang pemain bola basket ataupun lainnya mengetahui berbagai peraturan yang diterapkan pada olahraga tersebut. Bukan hanya dari teknik yang perlu dikuasai tetapi lebih kepada pemahaman mengenai aturan main pada jenis olahraga tersebut dengan baik.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *