Ini Dia Perbedaannya Peraturan Futsal dan Sepak Bola yang Harus Anda Ketahui

Ini Dia Perbedaannya Peraturan Futsal dan Sepak Bola yang Harus Anda Ketahui

Futsal memang saat ini menjadi salah satu jenis olahraga yang paling banyak dimainkan dan diminati oleh masyarakat Indonesia. Tidak terkecuali, anak-anak sampai dengan orang dewasa pun akan sangat semangat jika diajak untuk memainkan olahraga ini. Memang banyak yang mengatakan bahwa futsal dan sepak bola adalah olahraga yang sama. Namun nyatanya, ada terdapat beberapa perbedaan yang cukup signifikan dan sangat terlihat jelas oleh siapa saja yang memainkannya. Salah satu letak perbedaannya adalah pada peraturan permainannya. Futsal dan sepak bola memiliki peraturan yang relatif mirip, namun mereka ternyata memiliki gaya dan cara bermain yang berbeda. Futsal memang dikenal sebagai olahraga yang lebih fleksibel jika dibandingkan dengan sepak bola. Untuk itu, Anda harus mengetahui beberapa letak perbedaan dari kedua jenis olahraga tersebut yang memiliki banyak sekali penggemar mau pun peminat di Indonesia. Berikut ini adalah letak perbedaan kedua olahraga tersebut:

Ini Dia Perbedaannya Peraturan Futsal dan Sepak Bola yang Harus Anda Ketahui

Kontak Fisik

Letak perbedaan dari futsal dan sepak bola yang pertama ada pada aturan mengenai kontak fisik. Seperti yang kita ketahui, keduanya dimainkan oleh dua tim yang saling berlawanan, yang dimana di dalamnya terdapat 5 hingga 11 orang pemain. Jadi, sudah sewajarnya jika terjadi kontak fisik. Pada sepak bola, kontak fisik seperti menyenggol atau melakukan sliding memang diperbolehkan. Berbeda dengan futsal, kontak fisik dalam permainan ini sangat dilarang. Jika ada yang melakukannya, maka akan dihitung sebagai sebuah pelanggaran.

Bola Out

Jika bola sudah melewati garis batas lapangan, maka akan dinyatakan keluar atau out. Ada sedikit perbedaan dalam peraturan kedua olahraga tersebut. Pada permainan sepak bola, jika bola out, maka bola tersebut harus dilemparkan kembali dan pelemparannya pun harus sesuai dengan aturan permainan tersebut. Berbeda dengan futsal, biasanya bola yang out akan ditendang kembali oleh pemainnya.

Kartu Merah

Para pemain pasti tidak ingin melakukan pelanggaran hingga diberi kartu merah. Pada permainan sepak bola, jika melakukan pelanggaran akan dikenakan kartu merah, namun mereka tidak boleh menggantinya dengan pemain cadangan lain sehingga jumlah dari pemainnya pun akan berkurang. Berbeda dengan futsal, jika sudah dikenakan kartu merah, maka tetap dapat digantikan oleh pemain cadangan yang lainnya ketika sudah mencapai waktu 2 menit atau ketika lawan berhasil mencetak gol.

Baca juga Kunci Sukses untuk Pemain Futsal Pemula Agar dapat Bermain dengan Baik Saat Pertandingan

Offside

Perbedaan peraturan antara sepak bola dan futsal sangat jelas sekali pada aturan offside ini. Pada permainan sepak bola, aturan ini akan selalu ada dan pasti ada saja yang melakukannya dalam setiap pertandingan. Berbeda dengan aturan futsal, permainan ini tidak memiliki aturan seperti adanya offside tersebut. Seperti yang diketahui, permainan futsal dan aturannya memang jauh lebih sederhana, simple dan sedikit jika dibanding dengan sepak bola. Tidak heran olahraga ini memiliki begitu banyak peminatnya di Indonesia.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *